Kenapa Semua Penumpang Harus Pakai Safety Belt?

Monday, 18 March 2019

Selama berkendara di dalam mobil, baik itu pengemudi atau penumpang wajib mengutamakan keamanan serta keselamatan dalam berkendara. Hal tersebut, demi tercipta kondisi yang kondusif serta aman selama di jalan raya.

Salah satu langkah untuk mencegah terjadinya kecelakaan, yaitu berkendara dengan wajar dan mengikuti aturan rambu lalu lintas. Faktor lain, penggunaan perangkat keamanan serta keselamatan seperti safety belt juga ikut berperan.

Paling penting, dengan menggunakan safety belt, risiko cidera yang dialami oleh pengemudi atau penumpang menjadi lebih kecil. Sebab, jika tidak menggunakan safety belt, risiko cidera parah cukup besar, karena ketika terjadi tabrakan baik itu dari depan, samping hingga belakang, orang di dalam mobil akan terpental.

Jika sudah seperti itu, jelas bagian yang paling rawan, yaitu kepala bisa membentur ke kaca, dashboard, hingga bagian lainnya lagi. Jadi itulah salah satu fungsi dari menggunakan safety belt, setidaknya sopir dan penumpang merasa lebih aman dan nyaman.

Belum lagi, penumpang anak kecil juga perlu menggunakan safety belt. Sekarang ini produsen otomotif sudah lumayan peduli tentang keselamatan dengan menambahkan fitur-fitur keamanan dan keselamatan pada mobilnya.

Jadi, sebaiknya ketika berkendara baik itu berjarak dekat atau jauh wajib menggunakan safety belt untuk sopir dan juga seluruh penumpang.