Knalpot Bocor, Antisipasi Sebelum Meraung

Wednesday, 19 October 2016

 
Salah satu penyakit mobil yang sering dijumpai adalah persoalan knalpot bocor. Jika sudah bocor, selain tarikan mobil menjadi kurang ngegigit, suara yang dihasilkan pun tidak semerdu knalpot yang normal. Suara knalpot akan tertutup dengan suara mesin. Terlebih pastinya akan membuat performa mobil menjadi menurun karena output yang harusnya keluar sempurna, menjadi terbagi dengan adanya knalpot yang bocor tersebut.
 
Bicara mengenai sebabnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan knalpot mobil Anda bocor, salah satunya adalah air kotor yang mengendap pada bagian knalpot yang menyebabkan korosi.
 
Selain itu, ada sebab lain yang bisa membuat knalpot mobil Anda bocor, seperti faktor kondensasi. Ini adalah perbedaan temperatur bagian dalam knalpot dan luar knalpot yang dapat memicu proses karat dari peranti tersebut. Hal ini biasanya terjadi ketika Anda sering melintas di kawasan yang memiliki kandungan garam cukup tinggi, seperti pinggir pantai. Sementara untuk mendeteksinya Anda bisa melakukan tips ringan berikut ini.
 
Ketika pagi hari Anda ingin memanaskan mesin mobil, coba Anda dengarkan suara mesin mobil tersebut. Apakah suara mesin lebih keras dari biasanya? Jika iya, maka ada kemungkinan knalpot mobil Anda bocor. Sedangkan untuk mencegah terjadinya kebocoran pada knalpot, sebisa mungkin jangan sering melakukan idling mesin, selain itu, pemilik juga harus menjaga kebersihan kolong mobil agar tidak mudah terjadi korosi akibat kotoran.
 
Jika sudah terjadi kebocoran, Anda bisa melakukan pengelasan. Ini juga lubang dari knalpot kecil dan bisa ditambal, akan tetap, jika lubang terlalu besar Anda tidak disarankan mengelas, sebaiknya Anda melakukan penggantian dengan yang baru.