Lima Poin Penting Memilih Bank atau Leasing

Friday, 21 April 2017

Hampir sebagian besar konsumen  di Indonesia melakukan pembelian kendaraan bermotor dengan memanfaatkan fasilitas kredit. Pilihan ini tidak salah, mengingat menggunakan fasilitas kredit akan memberikan banyak keuntungan bagi konsumen. Tapi harus diingat, menggunakan kredit berarti berhubungan dengan bank atau perusahaan leasing.

 
Selanjutnya, bagaimana cara memilih bank atau perusahaan leasing yang baik dan benar? Perhatikan lima poin penting di bawah ini.
 
1. Pilih Bank Atau Perusahaan Leasing Ternama
Ada baiknya Anda memiliki bank atau perusahaan leasing yang memiliki reputasi dan kredibilitas bagus. Salah satu indikatornya bisa terlihat dari berapa lama lembaga tersebut berdiri atau asal grup perusahaan tersebut bernaung. Bank atau perusahaan leasing dengan reputasi bagus biasanya memiliki kantor cabang yang tersebar di berbagai wilayah. Hal ini bisa menjadi pertimbangan untuk kemudahan proses kredit. 

2. Komparasi
Jangan hanya terpaku pada satu atau dua pilihan bank atau perusahaan leasing. Pada pameran berskala nasional, setiap merek kendaraan akan menyediakan lebih dari satu bank atau perusahaan leasing. Lakukan komparasi terhadap biaya administrasi, beban bunga, nilai uang muka, dan nominal cicilan. Jangan terjebak dengan beban bunga yang rendah tetapi memiliki jangka waktu cicilan lama atau beban cicilan yang cukup memberatkan keuangan.   

3. Lakukan Simulasi 
Tahap berikutnya setelah menentukan pilihan bank atau perusahaan leasing, Anda berhak untuk mendapatkan simulasi perhitungan kredit. Tujuannya, untuk mengetahui biaya administrasi, beban bunga, nilai uang muka, serta nominal cicilan setiap bulannya. Hal ini agar Anda tidak merasa terjebak sekaligus dapat menyesuaikan dengan dana yang dimiliki. 

4. Layanan & Fitur
Pastikan bahwa bank atau perusahaan leasing memiliki fitur dan layanan yang memudahkan Anda. Fitur dan layanan ini seperti kemudahan dalam melakukan pembayaran cicilan seperti auto debet, dapat dilakukan pembayaran melalui ATM, debet otomatis, kantor cabang terdekat, dan lainnya. Layanan bisa diartikan kemudahaan seperti proses klaim yang bisa dilakukan di mall atau perusahaan tersebut memiliki fasilitas seperti derek gratis apabila suatu saat mobil atau motor Anda bermasalah.

5. Asuransi & Bengkel Asuransi
Setiap menggunakan fasilitas kredit, pasti akan mendapatkan asuransi seperti Total Lost Only (TLO) atau All Risk. Pastikan pula bahwa bank atau perusahaan leasing tersebut bekerjasama dengan bengkel yang tersebar di berbagai wilayah. Hal ini akan memudahkan Anda apabila ingin melakukan proses klaim.