Masih Berbentuk Konsep, Hyundai RM16 N Akan Dibekali All-Wheel-Drive

Thursday, 16 February 2017

Tahun 2016 ini, Hyundai mengeluarkan sebuah mobil konsep yang menakjubkan yang mereka sebut dengan Hyundai RM16 N. Mobil berjenis hatchback ini digadang-gadang akan menggunakan mid-engine dan dibekali dengan all-wheel-drive.

Mobil konsep ini menggunakan mesin turbocharged 2.0 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 300 HP dan torsi 383 Nm. Sementara, mobil konsep ini masih menggunakan model rear-wheel-drive. Namun, untuk versi produksinya akan menggunakan all-wheel-drive seperti yang sudah dikembangkan pada Hyundai Santa Fe.

All-wheel-drive yang dikembangkan Hyundai, punya inovasi yang jauh lebih baru dengan orientasi kinerja mobil sport. Tentu lebih aman di permukaan apapun, terutama dalam cuaca buruk. Kekuatan mesin melalui gearbox ke pusat diferensial, lalu dari gigi membagi ke as roda depan dan belakang untuk mendistribusikan kekuasaan antara roda belakang maupun depan.

Sistem all-wheel-drive modern ini dikendalikan komputer kendaraan dengan sensor, baik suara maupun objeknya. Sensor diletakkan pada setiap roda untuk memonitor traksi, kecepatan roda, dan ratusan data. ECU (engine control unit) mengelola daya yang dikirim sesuai kondisi jalan dan kebutuhannya.

Pada jalan tol dalam kondisi normal, sistem akan mengirimkan sebagian besar tenaga ke roda belakang untuk mencapai efisiensi bahan bakar maksimal. Jika grip bermasalah misalnya jalan tertutup salju, sistem secara otomatis menyebar kekuatan lebih merata di keempat roda, meningkatkan traksi. 

Ketika kondisi jalan benar-benar buruk, all-wheel drive membantu pengemudi mendapatkan traksi pada permukaan licin. Dikenal sebagai torque vectoring, memungkinkan perbaikan dalam penanganan dan segala cuaca drivability.

All wheel drive juga dibekali Autonomous Emergency Braking System dengan menggunakan kamera dan sensor radar untuk memberikan sinyal pengendara jika kemungkinan menabrak. Aplikasi pengereman ini juga penting untuk menghindar atau mengurangi tabrakan dengan pejalan kaki atau kendaraan lain.

Pabrikan mobil asal Korea Selatan ini sudah menguji RM16N di Sirkuit Nurburgring, Jerman, yang merupakan sirkuit yang paling menuntut performa dan handling yang mantap. Pengetesan dilakukan di sirkuit tersebut karena divisi balap Hyundai saat ini memang berbasis di Russelsheim, Jerman.

Namun sayangnya, versi produksinya diprediksi baru akan muncul awal 2019 mendatang.