Membersihkan Aneka Material Jok Mobil

Sunday, 05 November 2017

Apabila kita hendak masuk ke mobil dan melihat joknya kotor, apa reaksi Anda? Yang pasti Anda pasti akan merasa risih mendudukinya karena tidak bersih. Nah, bagaimana cara membersihkan dan merawat jok mobil ini agar bisa kembali bersih ya?

Pada umumnya jok mobil itu bahan pelapisnya hanya ada dua macam saja, fabric dan kulit. Masing-masing mempunyai cara yang berbeda untuk membersihkan dan merawatnya. Berikut ini ada cara yang mudah dan bisa menggunakan peralatan yang ada di rumah Anda.

“Untuk bahan fabric atau kain, awalnya dibersihkan dengan vacuum cleaner dulu agar debu-debu didalam kain jok terangkat. Apabila ada flek kotoran, bisa dibersihkan dengan pembersih jok yang ada di pasaran,” jelas Adi Noegroho dari car care 21 di Pondok Pinang, Jakarta Selatan. Cara penggunaannya cukup di semprot ke permukaan jok, kemudian disikat satu arah lalu keringkan dengan lap microfiber bersih.

Untuk perawatan rutin, bisa vacuum cleaner secara rutin. “Kemudian berikan spray pelembut bahan fabric, bisa dibeli di pasaran atau bisa gunakan produk rumah tangga, seperti softener,” tambah pria ini.

Kemudian untuk perawatan bahan kulit asli dan kulit sintetis, “Sama diawali dengan menggunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan kotoran di sela-sela jok kulit. Tapi dalam pengerjaannya jangan terlalu ditekan karena bisa membuat goresan di permukaan kulitnya,” ulas Adi.

Setelah semua kotoran selesai dibersihkan dengan vacuum cleaner, siapkan air hangat dengan campuran sabun cair khusus bayi atau gunakan obat khusus yang ada di pasaran. kemudian, masukkan lap ke air hangat tadi lalu sapukan ke seluruh permukaan jok kulit. Setelah kering gunakan lotion khusus ke permukaan jok agar jok kulit itu tidak mudah rusak dan pecah-pecah.

“Pemberian lotion itu agar tekstur kulit lembut dan lemas,” ujarnya. Kalau tidak ada, bisa gunakan baby oil sebagai pengganti lotion. “Hanya saja jangan terlalu banyak agar joknya tidak jadi licin permukaannya,” tutup Adi.