Mencari Alamat Kini Lebih Cepat Berkat Fitur Live Location

Sunday, 03 December 2017

Di era milenial sekarang ini, semua dapat dilakukan hanya dengan bermodalkan smartphone Anda. Termasuk untuk mencari alamat atau lokasi seseorang. Hal ini semakin dipermudah dengan adanya fitur Live Location yang kini menjamur di berbagai aplikasi pada smartphone.

Setidaknya ada tiga aplikasi di smartphone seperti Google, Snapchat, dan WhatsApp yang memperkenalkan fitur pembagi lokasi ini. Fitur tersebut memungkinkan pengguna membagi lokasi atau melacak perjalanan teman secara real-time dengan orang-orang terkasih.

Google lebih dulu mengimplementasikannya dengan fungsi dan mekanisme yang sama di layanan peta digital Maps. Fitur ini juga berlaku saat mode navigasi sedang aktif. Tinggal pilih opsi “Share trip progress”, maka orang-orang yang Anda pilih bisa memantau perjalanan Anda secara real-time, sekaligus melihat estimasi waktu kedatangannya. Sesampainya di tujuan, location sharing akan otomatis dinonaktifkan.

Di aplikasi Snapchat, fitur ini diberi nama Snap Map. Sejenis fitur untuk location sharing yang bisa dibilang mirip dengan Live Location yang memungkinkan penggunanya untuk membagikan lokasinya berada saat itu juga alias real time. Bedanya, Snap Map memiliki tambahan fitur seru dan menarik.

Anda bisa memilih satu dari tiga pilihan tersedia yaitu share lokasi dengan semua teman, hanya beberapa teman tertentu, hingga mengaktifkan Ghost Mode untuk menghentikan location sharing. Location sharing di Snap Map sendiri hanya akan aktif ketika aplikasi tersebut dalam keadaan terbuka atau setidaknya di-minimize. Ketika aplikasi tak dibuka selama beberapa jam, maka Actionmoji si pengguna akan menghilang dari map sehingga pengguna lain tak lagi tahu lokasi si pengguna.

Yang terbaru adalah pada aplikasi WhatsApp, di mana Anda dibebaskan mengatur durasi dalam membagi Live Location, mulai dari 15 menit, 1 jam, dan 8 jam. Dengan begitu, Live Location bisa dimanfaatkan dalam kondisi tertentu saja.

Misalnya ketika hendak janjian dengan teman di tempat A, maka bisa saling melacak posisi satu sama lain. Jika Anda pulang ke rumah larut malam pun bisa membagi Live Location via WhatsApp ke orang tua agar tak khawatir.

Semua fitur Live Location ini sudah tersedia di Google Play sama Apple Store ya.