Mengemudi Aman Saat Berjalan Jauh

Thursday, 30 June 2016

Liburan panjang telah tiba. Sebagian dari Anda akan menghabiskan waktu berlibur keluar kota bersama keluarga. Mengemudi jarak jauh merupakan suatu perjalanan yang melelahkan, sehingga membutuhkan ketahanan fisik dan faktor-faktor penting saat menyetir. Inilah tips berkendara jarak jauh yang aman dan nyaman.

Menyiapkan berbagai macam kebutuhan saat ingin melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan sangatlah penting. Dimulai dari kesiapan fisik, perlengkapan kendaraan dan bekal, merupakan hal awal yang harus anda persiapkan.

Berikut ini merupakan tips dan cara berkendara atau mengemudi jarak jauh, agar perjalan anda selamat sampai tujuan dan terhindar dari terjadinya kecelakaan.

1. Beristirahat secukupnya jika hendak mengemudi jauh, karena mengemudi dalam keadaan badan mengantuk dan lemas dapat mempengaruhi konsentrasi. Jangan mengonsumsi suplemen dan minuman yang bisa menyebabkan kantuk. Berhenti sebentar untuk mengembalikan kondisi tubuh saat merasa lelah, minimal 2-4 jam agar kondisi badan bugar dan bisa berkonsentrasi kembali.

2. Periksa kendaraan, seperti air radiator, oli, rem, ban dan bagian lainnya. Sebelum melakukan perjalanan hendaknya kendaraan anda servis terlebih dulu agar lebih aman. Hindari muatan berlebihan atau tidak sesuai dengan kapasitas mobil anda.

3. Pastikan posisi duduk mengemudi yang membuat Anda nyaman dalam berkendara. Ubahlah posisi kursi, sandaran kepala, dan punggung ke posisi terbaik. Kondisikan spion agar dapat melihat bagian samping kanan, kiri, dan belakang dengan baik.

4. Cara mengemudi yang benar wajib Anda perhatikan. Peka terhadap kondisi di sekitar mobil. Termasuk mengatur jarak pengereman karena melakukan pengereman mendadak sangatlah berbahaya. Jaga selalu jarak dengan kendaraan di depan. Menyalakan lampu sein saat ingin pindah jalur dan perhatikan kendaraan lain di sekitar Anda. Jangan menerima telepon saat mengemudi karena merusak konsentrasi berkendara.

Selamat berlibur...