Mengenal Posisi Toolkit di Mobil Anda

Friday, 22 December 2017

Sering terabaikan, peranti yang satu ini tidak boleh diremehkan karena peran pentingnya saat kondisi darurat. Tapi tahu kah di mana letak dongkrak pada mobil kesayangan Anda?

Nah, biasanya ada dua tempat di dalam mobil untuk menyimpan toolkit ini, ada yang di depan dan juga di belakang. Seringnya para pemilik mobil baru menyadari letak alat ini ketika sudah dalam posisi darurat.

Masalahnya di generasi sekarang yang serba praktis, biasanya mobil langsung dipakai ketika sudah sampai ke garasi, tanpa pernah membaca buku manual yang berisi informasi penting. Sampai terjadi sial seperti ban bocor, baru bingung karena tidak tahu lokasi atau cara mengoperasikan dongkrak untuk mengganti ban.

Sama seperti setiap mobil dikembangkan oleh insinyur yang berbeda-beda, penempatan alat yang satu ini pun berbeda-beda di tiap merek. Meski begitu, ada beberapa posisi mainstream yang bisa langsung dilihat, ketika tidak mengetahui posisi toolkit.

Yang pertama adalah di atas ban serep yang terletak di bawah cover bagasi, lalu di dalam kompartemen rahasia di sebelah kiri atau kanan bagasi dan yang terakhir ada di bawah jok pengemudi.

Banyak mobil lainnya yang memiliki posisi lebih spesifik, seperti pada Hyundai Grand Avega ada di kompartemen khusus di atas ban cadangan. Kemudian pada Hyundai H1 ada di kompartemen tertutup di side step pengemudi.

Tapi ada juga yang di bawah jok penumpang depan, lalu di kompartemen tertutup di sebalah kiri bagasi. Dan yang paling unik ada di ruang khusus di balik kap depan. Nah, sudah pada tahu belum nih lokasi tempat tool kit di mobil kesayangan Anda? Jangan sampai pas lagi butuh malah pusing mencarinya ya.