Mengetahui Titik Tumpu Dongkrak yang Tepat Pada Mobil Anda

Wednesday, 20 February 2019

Sebagai pemilik mobil, fungsi dari dongkrak haruslah dipahami betul oleh Anda. Karena perkakas wajib ini berfungsi sebagai alat darurat guna mengganti ban yang bocor atau hanya sekedar mengecek kondisi bawah mobil Anda.

Fungsi utama dongkrak adalah mengangkat atau menjungkitkan sebagian bodi mobil. Mendongkrak bisa jadi pekerjaan merepotkan, jika Anda tidak memahami prosesnya dengan baik dan benar. Untuk orang yang baru memiliki mobil kadang bingung dimana posisi tumpuan dongkrak yang ideal.

Menggunakan dongkrak itu sendiri tidaklah sulit, namun jika salah dalam menggunakannya dapat menyinggung unsur keselamatan. Meski begitu sebenarnya Anda tidak perlu khawatir, pabrikan mobil telah merancang agar proses mendongkrak bisa dilakukan semudah mungkin.

Dongkrak itu sendiri biasanya ada tiga jenis dongkrak. Pertama dongkrak berbentuk seperti ketupat, dongkrak hidrolik, dan dongkrak buaya. Namun mobil-mobil pada umumnya mendapat dari dealer dengan dongkrak ketupat. Alasannya, lebih ringkas, murah, dan mudah digunakan.

Setiap pemilik mobil patut tahu lokasi dongkrak, selain berada di bawah jok biasanya ada di ruang bagasi, atau dekat dengan ban cadangan. Demikian juga tentang cara penggunaan, bagaimana mengencangkan atau mengendurkan ulir. Untuk lebih jelas sebenarnya Anda bisa mengecek buku panduan.

Setelah bisa mengoperasikannya, yang peru diketahui berikutnya adalah titik tumpu dongkrak itu sendiri. Nah, ini yang masih membingungkan bagi sebagian orang saat butuh mendongkrak mobil. Banyak kasus mendongkrak mobil sembarangan, hasilnya kerusakan pada bagian body atau sasis akibat tidak bisa menahan beban mobil. Pada mobil-mobil modern titik tumpu dongkrak sudah ditentukan dari jalur produksi. Desainnya juga disesuaikan dengan kepala dongkrak agar pegangan tidak mudah bergeser.

Ingat gunakan dongkrak untuk mengangkat satu sisi mobil, jangan ditengah dengan maksud mengangkat dua roda. Pada mobil sedan terdapat 4 lifting point. Pada bagian depan, lifting point berada di sasis tepat belakang roda. Sedangkan bagian belakang, lifting point berada di sasis depan roda belakang.

Untuk tipe mobil ladder frame, tumpuan yang dicari adalah “tulang” yang paling keras. Kepala dongkrak bisa diletakan di bagian sasis yang terletak di kolong pintu samping. Selain itu, untuk bagian depan tumpuan yang bisa digunakan di bagian arm, sedangkan di bagian belakang bisa mengandalkan bagian bawah rumah axle belakang.

Buat tipe bodi monokok, titik tumpuan juga telah tersedia. Terletak diantara kolong bagian dalam di pintu samping. Khusus monokok, tidak disarankan mendongkrak dari arm.

Ingat juga, dongkrak sifatnya hanya untuk menaikkan saja sehingga jangan terlalu lama menahan beban dengan dongkrak mobil, jika butuh waktu lama saat perbaikan maka gunakan Jack Stand untuk mengganti dongkrak.