Mesin Berbunyi Kasar?

Wednesday, 22 June 2016

Hyundai Lovers, mesin berbahan bakar bensin seharusnya memiliki karakter suara yang lembut, bahkan minim suara. Tapi suatu ketika anda mendengar mesin mobil anda berbunyi sangat kasar, itu pertanda bahwa anda harus segera ke bengkel.
Dalam beberapa kasus, banyak pengendara yang menganggap remeh hal tersebut. Tapi kalau dibiarkan justru akan membuat keadaan mobil kesayangan anda semakin tidak optimal. 
Iwan selaku mekanik dari Hyundai Pondok Indah membeberkan kemungkinan penyebab adanya bunyi yang berisik pada mobil tersebut. "Kalau mobil tiba-tiba berisik itu ada banyak faktor,"jelas Iwan. 
Tetapi untuk menanggulangi hal tersebut, anda tidak usah khawatir lagi Hyundai Lovers. Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini sesuai instruksi dari mekanik Hyundai.
1. Indikasi pertama bisa saja terjadi kurangnya oli mesin. Ketika anda hendak menyalakan mobil di pagi hari, oli tidak melumasi semua komponen di dalam mesin. Ini dapat mengakibatkan komponen mesin tidak mendapat asupan oli yang cukup.
2. Bisa jadi dari faktor lain seperti Bearing AC, Alternator, dan Pump. Sering lakukan pengecekan secara berkala.
3. Tensioner pada Timing Belt bisa saja kendor. Kalau kendor bisa menimbulkan bunyi yang cukup bising.
4. Kurangnya oli mesin. Gesekan suara dari metal mesin bisa menjadi penyebab timbulnya suara. Piston atau setang piston misalnya.
5. Sering lakukan pengecekan secara rutin di bengkel resmi Hyundai. Iwan mengatakan faktor yang paling sering menjadi penyebab mesin berbunyi kasar adalah ketika pengguna jarang mengecek kondisi kendaraan yang digunakan. 
Mulai sekarang yuk sering dirawat mobil Hyundai kesayangan kamu supaya tidak timbul bunyi kasar di mesin.