Mobil Juga Butuh ‘Minum’, Ini 5 Cairan Wajibnya

Tuesday, 30 August 2016

 
Kesehatan mobil tidak hanya dinilai dari segi kinerja mesin atau pengendalian semata. Ada beberapa bagian lain yang juga harus anda perhatikan, diantaranya adalah beberapa cairan mobil yang peranannya sangat penting dalam berkendara.
 
Cairan pertama yang peranannya sangat penting di mobil adalah minyak rem. Cairan ini merupakan salah satu sistem keselamatan yang setiap harinya harus anda perhatikan. Sebelum berpergian, sebisa mungkin anda mengecek cairan ini, jika dirasa kurang, maka anda cukup menambahkan hingga batas maksimum. Eit, tapi ingat jangan berlebihan, karena nanti ada efeknya juga.
 
Kedua, cairan yang penting dalam mobil anda adalah oli mesin. Nah ini adalah cairan yang kalau anda lupa bisa fatal akibatnya. Jika oli mesin anda kering atau kurang, maka anda harus menyiapkan dana lebih untuk membawa mobil tersebut ke bangkel. Usahakan setiap pagi anda melihat metering oli yang ada pada bagian mesin, jangan sampai kelewat ya!
 
Berikutnya, setelah cairan minyak rem dan oli, cairan yang tidak kalah pentingnya adalah minyak power steering. Cairan ini berguna untuk melancarkan kinerja power steering mobil anda. Gak kebayangkan jika dalam kondisi sulit lalu power steering anda macet? Nah untuk mengantisipasinya jangan lupa juga untuk mengecek minyak power steering ini.
 
Keempat adalah cairan radiator. Untuk pengecekan cairan ini juga jangan sampai kelewat, anda harus mengecek bagian radiatornya, apakah ada rembesan air/coolant atau tidak. Jangan sampai radiator anda kering karena tidak ada cairannya, ini bisa menyebabkan mobil anda overheat alias kepanasan, akbiatnya? Mobil anda bisa mogok nantinya.
 
Sedangkan yang terakhir, cairan penting dalam mobil adalah air wiper. Nah ini cairan yang sering anda lewatkan. Menurut anda air wiper tidak penting? Anda salah! Cairan ini justru berfungsi menghapus kotoran yang menempel pada kaca depan dengan wiper. Bayangkan jika cairan ini tidak ada, bagaimana cara anda membersihkan kotoran yang menempel ketika anda berkendara?