Mobil Matic, Transmisi Harus Sesuai dengan Medannya

Wednesday, 01 February 2017

Mobil dengan transmisi otomatis alias matic, bukan berarti benar-benar otomatis. Ada beberapa mode dan sub-mode yang lebih spesifik sesuai dengan medan yang Anda lalui. Tentunya selain mode D (Drive) yang Anda gunakan saat melaju di segala rentang kecepatan.

Contohnya, overdrive off yang membuat putaran mesin jadi lebih tinggi di kecepatan rendah. Sehingga, mobil Anda akan mudah berakselerasi saat menyalip atau menanjak. Selain itu, ada beberapa mode pada transmisi untuk meningkatkan fleksibilitas transmisi menghadapi berbagai medan jalan.

1. D-3 atau Overdrive (OD)
Fungsi dari mode ini adalah untuk menahan transmisi agar hanya bekerja pada gir 3. Tujuannya agar mobil mendapatkan torsi yang besar saat akan menyalip kendaraan lain. Mode ini juga bisa dipakai ketika kecepatan mobil rata-rata 60 km/jam. Dengan memilih D-3 atau menekan tombol OD, maka putaran mesin akan meninggi.

2. D-2 atau Intermediate
Fungsinya adalah membatasi kerja transmisi pada gigi 1 dan 2. Mode ini digunakan ketika Anda melewati jalan menanjak agar mobil tetap memilik torsi. Mode ini juga berguna saat jalan menurun, karena pilihan ini memberikan efek engine brake lebih besar.

3. L (Low)
Pada pilihan ini transmisi hanya bekerja di gir 1. Sangat efektif untuk melalui tanjakan atau turunan terjal. Karena torsi pada pilihan gigi ini juga besar, maka cocok pula digunakan melintasi medan yang sulit.