Muay Thai Bela Diri Sekaligus Membakar Kalori

Tuesday, 21 March 2017

Sebagai salah satu olah raga bela diri, Muay Thai semakin banyak disukai banyak orang. Banyak keuntungan yang bisa didapat dari Muay Thai, selain untuk membela diri juga bisa membakar kalori dengan cepat.

Muay Thai atau kadang disebut juga sebagai Thai Boxing merupakan salah satu martial art yang semakin popular sekarang. Bela diri ini sudah ada sejak pertengahan abad 16, kala itu masih dikenal dengan sebutan Muay Boran. Baru setelah tahun 1930 dimodernisasi dan dikenal dengan bentuknya yang sekarang. 

Secara sederhana Muay Thai bisa diartikan sebagai Art of Eight Limbs atau seni delapan kaki, karena gerakan ini menyerang pada delapan kontak tubuh lewat pukulan, tendangan, siku, dan serangan lutut.

Muay Thai memang bentuk olah raga bela diri tetapi sekarang banyak orang melakukannya sebagai kegiatan berolah raga. Banyak keuntungan yang bisa didapat dengan melakukan Muay Thai. Salah satunya adalah membakar kalori. Dalam satu jam latihan kita bisa membakar kalori antara 500-690 kalori, tergantung tingkat intensitasnya. Gerakan-gerakan Muay Thai yang cepat dan dinamis juga membantu daya kerja jantung. Dengan kata lain olah raga ini membantu kekuatan kardiovaskular.

Gerakan-gerakan menendang dan gerakan kaki banyak berperan penting dalam Muay Thai. Olah raga ini membuat otot kaki (paha dan betis) menjadi kuat dan kencang.

Tidak hanya itu Muay Thai membantu kekuatan core (batang tubuh) pelakunya. Gerakan bertahan, mengunci lawan dengan kaki dan tangan melatih core kita menjadi kuat. 
Muay Thai juga jadi sarana untuk menghilangkan stress. Ini salah satu alasan juga Muay Thai makin popular di kalangan kaum urban. Gerakan menendang, memukul dan gerakan agresif lainnya bisa jadi pelampiasan stress setelah seharian bekerja. Hanya di kelas Muay Thai kita bisa memukul dan menendang tanpa berakhir di penjara. 

Ingin mencoba kelas Muay Thai, silahkan mencari info lebih lanjut di sejumlah kelas di bawah ini: 

Baan Muay Thai Club , twitter @BaanMuayThai
Jakarta Muay Thai & MMA Training Camp, Jl. Daksa I No 1  Jakarta  telp  021-7250574 
Muay Thai Training Camp, Jl Panglima Polim no 1  Jakarta  - Telp 021-7208362