Pelek Krom Tetap Kinclong? Ini Kuncinya!

Wednesday, 04 January 2017

Musim hujan tiba, sebagian orang jadi malas untuk mencuci kendaraannya, karena merasa percuma. Mencuci mobil bukan hanya untuk penampilan saja jadi bersih, tapi juga sebagai perawatan. Apalagi bagi Anda yang menggunakan pelek krom.

Pelek krom butuh perawatan yang ekstra. Sebenarnya, kuncinya hanya satu, jangan malas. Berikut ini beberapa tips sederhana untuk merawat pelek mobil agar dapat mempertahankan kualitas krom lebih lama:

1. Bersihkan secepatnya pelek mobil yang terkena kotoran akibat hujan maupun genangan air. Hujan maupun genangan air sering kali membawa kotoran-kotoran yang dapat menempel pada pelek mobil. Bersihkan menggunakan cairan sabun atau shampoo mobil agar dapat memaksimalkan proses pembersihan. Segera bersihkan secepatnya setelah terkena air hujan yang membawa kotoran. Jangan biarkan sampai mengering terlalu lama, karena noda yang telah lama mongering akan sulit untuk dibersihkan dan berakibat timbulnya kusam, bahkan flek walaupun sudah dibersihkan berkali-kali. Namun, jangan juga dibersihkan ketika kondisi pelek masih panas setelah dipakai berjalan, karena akan merusak lapisan kromnya.

2. Hindari penggunaan minyak tanah, bensin, maupun sembarang pembersih lainnya. Meskipun noda membandel sulit dibersihkan, tapi jangan sekali-sekali terbesit untuk menggunakan bensin atau minyak tanah untuk menghilangkan noda tersebut. Gunakanlah obat khusus untuk membersihkan lapisan krom (chrome polish) yang dapat ditemukan dengan mudah di pasaran.

3. Gunakan busa (spon) halus saat proses pencucian. Spon yang halus akan membuat proses pencucian pelek mobil menjadi aman. Hindari penggunaan sikat serta alat pembersih dengan permukaan kasar lainnya agar terhindar dari goresan-goresan kecil.

4. Gunakan lap microfiber untuk mengeringkan. Bukan hanya saat pencucian, tapi tahap pengeringan juga tidak kalah penting. Setelah dicuci bersih, langsung gunakan lap microfiber untuk mengeringkan, tidak perlu tunggu hingga mongering sendiri, karena akan meninggalkan bercak. Untuk noda oli yang menempel, bisa gunakan bubuk bedak.