Perhatikan Kebersihan Rel dan Bearing Pintu Geser

Thursday, 19 October 2017

Banyak mobil jenis MPV saat ini yang menggunakan pintu model geser (sliding door). Pintu geser bisa dikatakan memang lebih praktis, karena pintu ini bisa dibuka dengan mudah di tempat yang sempit sekalipun. Selain itu akses masuk ke kabin juga lebih mudah.

Secara teknis, mekanisme pintu geser lebih sederhana baik yang tipe elektrik atau pun manual. Pintu memiliki rangkaian komponen yang tidak serumit mesin. Meski begitu, seiring pemakaian dan usia komponen, peranti ini juga perlu perawatan.

“Pintu geser itu yang penting adalah perawatan rel dan bearing-nya. Jika itu sudah terjaga maka pengoperasiannya pasti lancar,” ujar M. Agus Soleh, Service Advisor Hyundai Simprug. “Perawatannya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri,” tambahnya.

Bagi Anda yang memiliki mobil berpintu geser sebagai contoh pada  Hyundai H-1, paling mudah adalah minta pengecekan setiap kali Anda melakukan servis rutin di bengkel resmi Hyundai. Namun jika Anda hobi ‘ngoprek, maka Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

Alat yang diperlukan hanya cairan pembersih, gemuk, dan kain lap. Berikut adalah cara memelihara pintu geser baik elektrik maupun manual.

 

  1. Perhatikan kondisi relnya, untuk membersihkannya gunakan lap bersih yang telah disemprot cairan pembersih (pelumas semprot) untuk menghilangkan kotoran dan sisa pelumas
  2. Setelah rel dibersihkan, oleskan gemuk yang mengandung paraffin (jangan yang mengandung oli karena debu mudah menempel) ke permukaan rel
  3. Coba maju mundurkan pintu beberapa kali. Bila dari pintu masih terdengar bunyi berisik, maka bearing masih kurang pelumasan
  4. Jangan terlalu sering membanting pintu geser saat menutup, karena bisa berakibat mekanisme pengait jadi cepat rusak

 

Mudah kan? Yuk dibersihkan rel dan bearingnya ya!