Persiapan Mudik

Tuesday, 28 June 2016

Sudah menjadi tradisi di saat hari raya lebaran, masyarakat di kota-kota besar kembali ke kampung halaman untuk mengunjungi sanak saudara. Penggunaan mobil sebagai alat transportasi untuk mudik pun menjadi pilihan banyak orang.

Agar perjalanan mudik Anda aman, ada beberapa hal yang harus perhatikan sebelum melaksanakan tradisi ini. Hal yang pertama adalah kondisi mesin.

Lakukan pengecekan mesin dan mengganti komponen pendukungnya jika usia pakainya sudah usai. Komponen yang umum diganti saat melakukan service berkala, ialah  oli mesin, oli transmisi, filter bensin dan filter Udara. Ganti oli mobil berkualitas secara berkala di toko atau bengkel yang terpercaya. Kemudian, untuk mendapatkan kualitas yang baik, ada baiknya Anda pun menggunakan suku cadang mobil original yang dikeluarkan oleh pabrikan mobil sesuai dengan kendaraan Anda.

Selain itu Anda juga perlu melakukan pengecekan kelistrikan, untuk memastikan semua dalam kondisi normal. Komponen itu meliputi fungsi lampu-lampu, aki dan sikring.
Untuk mendukung kenyamanan perjalanan, Anda pun harus mengecek kondisi bagian kaki-kaki kendaraan. Biasanya jika ada kerusakan pada kaki-kaki diindikasi dengan suara-suara yang timbul dari bagian tersebut.

Yang terakhir adalah ban. Ban menjadi komponen yang sangat penting, pasalnya ban menjadi komponen pertama yang bersentuhan dengan permukaan jalan. Cek kondisi ketebalan ban yang berpatokan dengan TWI (Tread Wear Indicator). Untuk anda yang ingin mendapatkan harga ban mobil terbaik, anda juga bisa menemukannya di online shop.

Anda pun bisa melakukan pengecekan dan mengganti komponen semua hal itu di bengkel-bengkel yang Anda terpecaya. Tapi apabila membutuhkan komponen mobil tanpa harus mendatangi toko penjualnya, Anda pun bisa mengunjungi website-website penjual ban yang ada.