Persiapan Mudik, Cek Karet Wiper Dan Washer

Saturday, 24 June 2017

Wiper merupakan perangkat yang penting untuk diperhatikan, utamanya dalam kondisi cuaca tak menentu seperti saat ini. Apabila perangkat ini tidak bekerja dengan sempurna, maka visibilitas pengemudi dapat terganggu. Apalagi ketika ingin berkendara perjalanan jauh atau mudik Lebaran, tentu bisa membahayakan diri sendiri dan pemudik lainnya. 

Paling parah, apabila karet wiper sudah getas dan tidak segera dilakukan penggantian, dampaknya bisa membuat baret pada kaca depan. Oleh karena itu, kami sarankan untuk rutin memeriksa kondisi wiper apabila umurnya sudah melewati satu tahun. Nah, untuk mengetahui permasalahan apa saja yang biasa timbul pada wiper, berikut ulasannya.
 
Penyakit Wiper
• Tidak sempurna menyapu air di kaca. Ganti karet wiper, biasanya sudah getas dan keras. Untuk beberapa mobil, bisa mengganti karetnya saja tanpa rangka.
• Wiper macet atau goyang dan rusak saat bekerja. Biasanya bushing-nya retak atau rusak, sehingga harus diganti. Di pasar tersedia bushing-nya saja atau sekalian setangnya.
• Air tabung wiper berkurang. Ada kebocoran retak atau pecah. Antisipasinya bisa ditambal pakai lem besi atau sealer.

Ganti Karet Wiper
Mengganti karet wiper cukup mudah dan bisa Anda lakukan sendiri  saat waktu senggang. Berikut langkah-langkah mengganti karet wiper mobil.
1. Tegakkan batang wiper, sehingga tidak menempel pada kaca mobil.
2. Buka karet wiper dengan menekan tombol pengunci batang karet wiper.
3. Lepaskan karet wiper dengan menarik pengaitnya
4. Pasang wiper yang baru, yang ukurannya sesuai dengan ukuran wiper standar mobil, kemudian kaitkan pengunci wiper.
5. Pastikan wiper telah terpasang dengan benar dan terkunci serta tidak mudah lepas. 

Washer
Peran washer (penyemprot air) cukup kruisal, utamanya saat hujan. Namun terkadang perawatan terhadap beberapa perangkat kinerja washer seperti motor, selang serta nosel sering diabaikan. Padahal, ketiga perangkat ini selalu bahu membahu untuk memberikan semburan maksimal ke arah kaca mobil. Oleh sebab itu, jika washer mampat karena endapan partikel air, silakan dirunut seluruh selang untuk mengecek mampat. Membersihkannya bisa menyemprotkan udara bertekanan dari kompresor angin.