Pilih Asuransi Comprehensive Atau Total Loss?

Saturday, 05 August 2017

Asuransi merupakan hal vital ketika kita memutuskan untuk membeli mobil baru. Karena asuransi bersifat melindungi mobil apabila terjadi kerusakan atau kehilangan. Sehingga kita harus memilih jenis asuransi yang tepat untuk mobil kita. Langkah pertama yaitu memahami perbedaan antara asuransi All Risk (comprehensive) dan Total Loss Only (TLO).

Kedua asuransi ini jelas mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing. Yang terpenting adalah kita harus bisa memproyeksikan kemungkinan-kemungkinan terjadinya musibah yang paling mendekati dengan kondisi berkendara kita.

Asuransi All Risk atau komprehensif adalah perlindungan atau jaminan terhadap kerugian atau kerusakan kendaraan bermotor yang tidak disengaja baik minor ataupun major accident. Bisa dibilang asuransi jenis ini melindungi kendaraan bermotor secara keseluruhan, tetapi tidak mencakup semua kerusakan. Jenis-jenis kerusakan yang ditanggung berbeda-beda tergantung kebijakan dari masing-masing perusahaan asuransi.

Namun jika mobil Hyundai Anda digunakan untuk aktivitas tinggi, maka pemilihan jenis asuransi All Risk bisa menjadi pilihan. Karena asuransi All Risk bisa melindungi kecelakaan minor seperti bersenggolan dengan kendaraan lain, tabrakan ringan, tergelincir, menabrak pohon, terbalik, dan sebagainya. Kecelakaan jenis ini jamak terjadi pada kondisi lalu lintas yang padat.

Sedangkan asuransi Total Loss Only (TLO) adalah jenis asuransi yang memberikan jaminan ketika kendaraan bermotor mengalami kerusakan parah dengan kadar kerusakan lebih dari 70 persen sehingga mengakibatkan kendaraan tidak mungkin untuk diperbaiki. Selain itu asuransi ini juga melindungi bila mobil dicuri atau hilang, sesuai dengan ketentuan di polis.

Karena sifatnya yang mencakup hampir seluruh kejadian, maka besaran premi All Risk biasanya lebih tinggi dibanding dengan TLO. Namun asuransi All Risk tentu lebih bermanfaat untuk Hyundai kesayangan Anda bila sewaktu-waktu terjadi musibah. Sehingga tidak pusing memikirkan biaya ekstra untuk Hyundai Anda.

Kalau Anda tidak pusing memikirkan biaya perbaikan kendaraan, maka Anda bisa memilih jenis asuransi TLO yang bisa mengganti unit kendaraan Hyundai Anda dengan unit baru. Biaya premi asuransi TLO pun juga lebih rendah, sehingga banyak yang memilih TLO untuk perlindungan mobilnya. Meski begitu Anda mesti ingat bahwa kerusakan kecil hingga berat, atau kadar kerusakannya di bawah 70 persen, tidak akan diganti jika Anda memilih asuransi TLO.

Dan Anda juga mesti memperhitungkan penyusutan nilai kendaraan Anda setiap tahun, karena akan berpengaruh terhadap besaran ganti rugi yang diberikan pihak asuransi. Meski diganti 100 persen dalam asuransi TLO, tapi bukan berarti Anda akan mendapatkan unit mobil yang sama dalam kondisi baru. Melainkan Anda akan diganti 100 persen sesuai dengan harga mobil Anda dalam pasaran, di saat terjadi kecelakaan atau kejadian merugikan tersebut.