Pilih Mobil Matik atau Manual?

Tuesday, 26 February 2019

Masing-masing mobil biasanya memiliki dua pilihan transmisi, yaitu manual dan otomatis. Tentunya, masing-masing memiliki nilai positif dan juga negatif buat pengguna, mulai dari sisi harga hingga biaya perawatan berkala.

Misal, dari sisi harga mobil manual sudah pasti sedikit lebih murah Rp 10 jutaan dari mobil matik. Lain dengan perawatan berkala, dalam jangka waktu lima tahun ke depan, biaya perawatan mobil matik akan lebih besar ketimbang manual.

Tetapi, mobil matik juga punya keunggulan apalagi buat Anda yang tidak mau diribetkan dengan urusan menginjak pedal gas, kopling dan rem, sebab mobil matik ini sangat nyaman digunakan apalagi di jalan macet seperti di Jakarta ini.

Pengemudi cukup menginjak pedal rem dan gas saja dipadupadankan dengan gerakan setir sesuai dengan keadaan jalan. Tetapi mobil manual, harus ditabahkan menginjak pedal kopling, yang kalau macet akan membuat pengemudi terasa lebih capek.

Bukan hanya itu, mobil manual juga punya keunggulan apalagi buat yang suka sensasi berkendara dengan kecepatan tinggi, sebab pengemudi bisa mengatur ritme kecepatan sesuai dengan yang diinginkan.

Jadi, kira-kira bayangannya seperti itu. Pilihan diserahkan kembali kepada konsumen, tentunya disesuaikan dengan selera dan kondisi keuangan masing-masing.