Posisi Duduk Saat Mengemudi, Jangan Asal Enak

Saturday, 01 October 2016

 
Untuk sebagian orang duduk di dalam ruang kemudi masih belum jadi perhatian yang khusus. Padahal, jika salah dalam memposisikan diri dalam mengemudi, bisa berakibat fatal. Agar lebih rileks, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini. Jangan lupa, atur kaca spion mobil dan pasang seatbelt terlebih dahulu. Siap?
 
Posisi duduk di ruang kemudi harus tepat. Hal ini akan berimbas untuk kenyamanan dalam mengemudi. Posisikan kaki, tangan dan tubuh Anda serileks mungkin. Usahakan tangan bisa bergerak dengan bebas ketika sedang mengemudi. Posisi duduk yang benar adalah, posisi badan tegak membentuk sudut 100-115 derajat. Oleh karena itu jok mobil juga harus diatur sedemikian rupa sehingga membentuk sudut 100-115 derajat dari alas duduk jok.
 
Hal yang paling sering dilupakan oleh pengemudi adalah posisi kepala. Posisi nyaman berkendara diharuskan kepala bersender pada headrest kursi, hal ini dimaksudkan agar konsentrasi dan pandangan ke arah depan kedaraan tidak terganggu. 

Selain itu, cara Anda menggenggam lingkar kemudi pun berpengaruh. Sebaiknya dalam menggenggam lingkar kemudi, ibu jari Anda tetap berada di luar genggaman empat jari Anda. Biarkan ibu jari tersebut berada di atas lingkar kemudi. Hal ini bertujuan untuk memberikan kelemasan otot, sehingga tidak mudah keram ketika menggenggamnya secara penuh.
 
Kemudian, turunkan tangan dengan menggenggam kemudi pada posisi yang benar (posisi pukul 9 dan 3). Jika siku membentuk sudut kurang lebih 126 derajat, berarti posisi badan sudah cukup benar berada di dalam mobil. 

Happy driving...