Punya Mobil Pintu Geser Elektrik, Begini Cara Perawatannya

Wednesday, 03 October 2018

Meskipun bukan pasar yang besar, keberadaan mobil pintu geser elektrik atau electric sliding door cukup besar di Indonesia. Dengan kemudahan penggunaannya, hanya dengan tekan tombol lalu pintu terbuka secara otomatis, menjadi alasan mobil jenis ini menjadi pilihan.

Namun, dengan kepraktisannya tersebut, pemilik harus pintar-pintar merawat agar pintu geser tidak cepat rusak. Berikut, cara perawatan mobil pintu geser elektrik.

Pertama, yang perlu dipahami, cara kerja pintu geser elektrik tidak sesederhana pintu biasa yang hanya menggunakan engsel. Ada banyak tambahan komponen, mulai dari roller, rel, pengunci, dan juga motor penggerak pintu.

Nah, cara mudahnya, tentu saja dengan rajin melakukan perawatan dengan membawanya ke bengkel resmi. Namun sebelum melakukan perawatan di bengkel, bisa juga dilakukan di rumah dengan membersihkan railing atau rel dari kotoran. Caranya, bisa dilakukan dengan menggunakan kuas halus atau kompresor penyemprot angin untuk menghilangkan debu atau kotoran.

Langkah selanjutnya, gunakan cairan penetran untuk membersihkan roller. Tapi ingat, namanya cairan penetran pasti mengandung bahan kimia, yang dapat merusak cat mobil, jadi saat menggunakannya harus hati-hati dan perhatikan komposisinya.

Kedua, untuk menghemat aki dan menjaga pintu geser elektrik tetap berfungsi baik, sebaiknya saat mesin mobil mati jangan terlalu sering membuka dan menutup pintu. Selain itu, jangan pula mempercepat gerak pintu saat membuka dan menutup, biarkan pintu bergerak normal.

Ketiga, saat mencuci mobil usahakan jangan langsung menyemprot air ke rel. Pasalnya, air yang lewat dan tidak dikeringkan bakal menimbulkan korosi.

Selanjutnya, perhatikan roller atau roda pintu geser. Di dalam roda, ada bearing dan saat pintu bergeser dan bunyi bearing sudah kasar, segera lakukan pemeriksaan ke bengkel. Selain itu, gunakan juga gemuk atau pelumas agar kondisi bearing tetap berfungsi dengan baik.