Relaksasi dalam Secangkir Kopi

Monday, 10 April 2017

Kita mungkin pernah mendengar beberapa orang yang mengawali harinya dengan meminum segelas atau secangkir kopi. Hal ini lumrah karena meminum kopi, terutama di pagi hari, mempunyai banyak manfaat. Salah satunya adalah memacu energi akibat zat kafein yang terkandung dalam biji kopi. Dipadu sepotong roti, energi tubuh akan terpacu hingga saat makan siang tiba. Selain itu, kopi juga terbukti dapat menurunkan tingkat stress seseorang.

Ingin berburu kopi manis atau yang bercita rasa eksotik? Di bawah ini kami merekomendasikan tempat-tempat kopi yang menjadi favorit pecinta kopi, baik karena rasa ataupun suasananya.
 
KOPI ES TAK KIE
Kedai yang berlokasi di dalam gang Gloria, Pinangsia, Jakarta Barat ini sudah berdiri sejak tahun 1927. Nama Tak Kie sendiri berasal dari bahasa Cina yang terdiri dari kata Tak dan Kie. Tak mempunyai arti orang sederhana, bijaksana, sedangkan Kie berarti mudah diingat orang. Dengan kata lain, Tak Kie adalah kedai kopi sederhana yang mudah diingat orang.

Tampilan kedai kopi ini tidak banyak berubah dari masa ke masa. Pun begitu dengan cita rasa kopinya. Penting diketahui, meskipun penyajian kopi di sini dingin atau dengan es, tapi itu tidak mengubah rasa kopinya karena sudah diracik terlebih dahulu. Ya, setiap kopi yang disajikan ternyata sudah diracik di pagi hari, lantas dibiarkan mendingin. Dengan begini, rasa kopi akan tetap otentik meskipun ditambahkan es batu.
 
Biji kopi yang digunakan pun tidak sembarangan. “Biji kopi jenis Arabica dan Robusta dicampur dalam satu wadah agar punya rasa yang unik,” ucap Latif Yulus, alias Ayauw, pemilik kedai Kopi Es Tak Kie. Sementara itu, biji kopi yang digunakan dari berbagai daerah seperti Lampung, Toraja dan Sidikalang.

Harganya segelas kopi di Tak Kie sangat  murah. Untuk segelas kopi susu dengan es, hanya Rp 17 ribu, sedangkan es kopi cukup Rp 15 ribu. “Beda Rp 2 ribu saja antara pakai susu dan tidak,” ucap Ayauw. Tak Kie juga menyediakan berbagai makanan, hanya saja beberapa makanan tergolong non-halal. Sehingga harus memilah sebelum membeli makanan.
Oh ya, konon Presiden Jokowi kerap menyambangi kedai Kopi Es Tak Kie ini.


KOPI ES TAK KIE
Jl. Pintu Besar Selatan III, Gang Gloria no 4-6, Pinangsia
Jakarta Barat
Tlp. (021) 6928296
 
1/15 COFFEE    
Salah satu yang menjadi tempat favorit untuk coffee time adalah 1/15 Coffee, yang terletak di Gandaria, Jakarta Selatan. Tempat yang strategis, nyaman serta cita rasa kopi yang unik menjadikan banyak pecinta kopi kembali ke 1/15 Coffee. Selain itu, biji kopi yang disajikan di 1/15 Coffee berkualitas tinggi, karena berasal dari berbagai negara, meskipun banyak juga yang berasal dari daerah lokal.
Salah satu biji kopi yang digunakan di sini berasal dari Rwanda, Afrika. Biji kopi ini punya karakter rasa yang lebih kuat dari biji kopi lokal. Untuk penyajiannya, biji kopi ini bisa dinikmati dalam menu Single Origin Flight, yang menyajikan tiga jenis racikan kopi langsung. Yaitu Cappucino, Espresso dan Black Coffee. Buat penikmat kopi dengan karakter kuat dan tajam, espresso dari sari murni biji kopi Rwanda tadi bisa menjadi pilihan.
 
Nama 1/15 Coffee sendiri mempunyai arti tersendiri, “Setiap  1 gram kopi, diseduh dengan air panas sebanyak 15 mililiter air,” ucap Anggara Rizky, barista dari 1/15 Coffee. Dijelaskan lebih lanjut, di 1/15 Coffee semua proses pembuatan dilakukan secara presisi dan variatif. “Dan pengunjung bisa memesan kopi sesuai teknik yang mereka mau,” ucap Rizky, sapaan akrabnya.
 
Tidak hanya kopinya yang lezat, makanan yang disajikan pun tidak kalah sedap. Menu makanannya lebih cocok untuk kategori brunch alias breakfast and lunch. Yang menarik, semua makanan di tempat ini diracik secara homemade. Sehingga cita rasanya otentik. “Dan setiap hari menunya ada yang berganti, agar pengunjung tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja,” tambah Rizky.

1/15 COFFEE
Jl. Gandaria 1 No. 63, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan
Tlp. (021) 7225678

TUKU KOPI
Kedai kopi ini punya istilah penamaan yang unik untuk menu-menu yang disajikan, karena menggunakan bahasa yang tak lazim di dunia kopi. Sebut saja seperti menu Kopi Tetangga, Kopi Rasa Rasa, Kopi Premium, sampai Selain Kopi. Minuman kopi yang diandalkan adalah Kopi Tetangga. Dinamakan Kopi Tetangga karena kopi ini diracik sesuai selera warga Cipete, wilayah tempat berdirinya Tuku Kopi, Cipete, Jakarta Selatan.

Cita rasa Kopi Tetangga ini manis di awal dan sedikit pahit di belakang. Sementara untuk penyajiannya, segelas Kopi Tetangga ini ditambahkan brown sugar di lapisan atasnya. Diracik seperti ini agar para tetangga sekitar yang biasa mengonsumsi kopi manis sachet-an, mulai tertarik menikmati rasa kopi yang sebenarnya. Tanpa tambahan gula, krim ataupun susu. 
Sedangkan untuk yang mencari aroma dan rasa lebih eksklusif, bisa pilih Kopi Premium yang terdiri dari Espresso, Picollo, Cold Brew, dan Long Black. Cocok untuk penikmat kopi tanpa gula yang mencari rasa asam.

Harga yang ditawarkan Tuku Kopi terbilang murah, berkisar antara Rp 10-18 ribu per gelasnya. Tidak hanya kopi, Tuku Kopi juga menawarkan aneka cemilan seperti lumpia dan donat. Sayangnya, Tuku Kopi mempunyai tempat yang sempit, sehingga lebih cocok untuk take away dibandingkan minum di tempat. Tak usah khawatir, karena Tuku Kopi terbiasa melayani delivery order dengan jasa transportasi berbasis aplikasi.

TUKU KOPI
Jl. Cipete Raya No. 7, Cipete
Jakarta Selatan
Tlp. 082274778858