Rem Berdecit, ‘Teriakan’ Rem Tak Sehat

Monday, 31 October 2016

 
Anda termasuk orang yang cuek, termasuk saat mendengar suara rem yang berisik atau berdecit? Lebih baik mulai pertimbangkan untuk sedikit ‘tipis kuping’. Suara berdecit merupakan pertanda bahwa ada bagian rem Anda yang tidak sehat. Jika dibiarkan lebih lanjut, bisa memicu masalah baru. Merembet dari kerusakan rem sampai keselamatan. Jika sudah mendengar suara berdecit seperti ini, sebaiknya segera periksakan ke bengkel terdekat.
 
Sumber dari masalah ini biasanya adalah dipengaruhi oleh kampas rem yang sudah aus. Selain itu, suara berdecit ini bisa timbul dikarenakan piringan kampas rem yang tidak rata. 

Hal ini disebabkan karena gesekan yang terjadi pada saat mobil berjalan sehingga menjadikan permukaan cakram mudah panas, dan rentan penyok ketika mobil melintasi atau mengalami benturan. Selain itu, bisa juga ada kotoran yang menempel pada permukaan disc brake, sehingga harus cepat dibersihkan.
 
Untuk itu, agar mendapat penanganan yang tepat, segeralah bawa kendaraan Anda ke bengkel agar dapat penanganan yang tepat. Jika sudah dalam kondisi penyok, satu-satunya cara adalah mengganti komponen tersebut. Dalam melakukan penggantian, ada hal lain yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah selalu menggunakan spare part asli, jangan yang bajakan.