Rem Canggih Juga Perlu Dirawat

Saturday, 10 September 2016

 
Saat ini teknologi tentang sistem pengereman sudah semakin modern. Teknologi yang saat ini menjadi peranti wajib pada mobil adalah Anti-lock Braking System atau yang biasa disebut ABS. Sebenarnya apa si ABS itu? Atau fungsinya seperti apa? Nih simak dulu ulasan singkatnya. 

Teknologi ABS itu merupakan sebuah teknologi yang dapat mencegah roda kendaraan anda terkunci saat terjadi pengereman mendadak. Hal ini bertujuan agar mobil anda masih dapat diarahkan untuk menghindari objek di depan.
 
Saat sensor ABS mendeteksi adanya penguncian roda, sistem akan memerintahkan piston rem melepas sejenak jepitan kampas rem dan menjepit lagi setelah roda sudah berputar sehingga sedikit berakibat pada pedal rem yang terasa sedikit bergetar.
 
Selain ABS, ada lagi teknologi yang diadopsikan pada sistem pengereman kendaraan. Electronic Brake Distribution atau biasa disingkat EBD. Teknologi hadir untuk lebih mengoptimalkan sistem pengeraman yang ada pada ABS. Fungsi utamanya untuk mengatur tekanan minyak rem yang berbeda-beda ke setia roda tergantung kondisi jalan, kecepatan, beban dan faktor-faktor lainnya. Saat dikombinasikan dengan ABS, EBD mendistribusikan tekanan rem yang tepat pada tiap roda untuk mengembalikan daya cengkeram pada roda yang slip sehingga kendaraan bisa tetap terkontrol lajunya.
 
Sementara untuk melakukan perawatan sistem pengereman dengan ABS tersebut adalah dengan cara membersihkan sensor yang terletak di kaliper rem. Membersihkannya cukup menyemprotkan spray khusus ke bagian yang bermagnet, hal ini bisa dilakukan dalam waktu dua bulan sekali. Selanjutnya, perawatannya adalah dengan cara jangan terlalu sering mengocok rem anda ketika mobil dalam keadaan berhenti. Hal ini akan menyebabkan sensor ABS akan jadi cepat aus dan rusak.
 
Terakhir, perawatan yang bisa anda lakukan adalah dengan cara memeriksa cairan minyak rem. Jika kurang, anda harus segera menambahkan. Jangan biarkan ada celah sedikitpun untuk udara luar masuk ke dalam tabung minyak rem.