Resep Membuat Eksterior Tetap Kinclong

Friday, 21 April 2017

Dalam merawat eksterior mobil, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kilau cat mobil. Dengan cat yang kemilau, mobil pun terlihat indah dan mewah. Salah satu teknik merawat cat paling mendasar adalah dengan rajin mencuci mobil. Tapi pada kenyatannya, mencuci mobil tidak boleh dilakukan sembarangan agar tidak merusak lapisan catnya. Mencuci mobil, walaupun sederhana namun banyak hal yang harus diperhatikan. 

Karena mencuci mobil tidak sekadar menyiram mobil dengan air lalu mengeringkannya,. Namun kadang karena kesibukan, kita tidak sempat untuk merawat kendaraan sendiri. Padahal perawatan kendaraan sangatlah penting, selain untuk penampilan, juga untuk menjaga kondisi mobil tetap prima.

Salah satu faktor penting dalam mencuci mobil, sebaiknya menggunakan air bersih dan shampoo khusus untuk mencuci mobil. Usahakan untuk tidak menggunakan sabun deterjen, karena kandungan kimia yang terdapat pada sabun deterjen dapat menyebabkan cat menjadi kusam dan tidak cemerlang. Selain itu mobil juga sebaiknya jangan terlalu lama diparkir dengan kondisi terjemur sinar matahari. Apabila mobil sering terjemur, lambat laun cat mobil akan memudar dan terlihat jelek.

Berikut ini tips mencuci mobil dengan baik dan benar agar permukaan cat tetap terjaga kilaunya:

• Cuci mobil ditempat yang teduh, dan tidak terkena matahari secara langsung, agar air tidak langsung mengering.
• Siram dengan air bertekanan tinggi terlebih dulu, supaya kotoran yang menempel rontok, kemudian siram dengan shampoo mobil.
• Bersihkan hingga sela-sela dan kolong mobil, supaya semua kotoran hilang.
• Kemudian siram kembali dengan air bertekanan tinggi, supaya sabun dan kotoran hanyut, hingga mobil nampak bersih.
• Keringkan mobil, dan jangan ada bagian basah yang tak dikeringkan, supaya tidak timbul flek dan jamur pada permukaan mobil.