Roadtrip Pakai Mobil Kecil? Bisa Banget!

Friday, 11 November 2016

 
Dalam melakukan roadtrip atau touring, ada beberapa yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah jenis mobil dan jalur yang akan Anda tempuh. Bagaimana dengan mobil compact seperti hatchback atau city car? 

Bisa sekali! Tapi memang ada beberapa hal yang mesti mendapat perhatian ekstra. Terlebih karena mobil jenis ini tidak memiliki bagasi secara terpisah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Kabin & Bagasi 
Menurut Jusri Pulubuhu, instruktur dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), jika menggunakan hatchback atau city car untuk touring jarak jauh, penataan kompartemen di bagasi harus jadi fokus utama. Jenis mobil ini tidak memiliki bagasi seperti sedan atau saloon. Bagasinya terletak di belakang penumpang baris kedua. Jika salah penataan kompartemen, bukan tidak mungkin Anda akan ikut celaka.
 
"Fokusnya lebih ke pengaturan barang saja, karena kan berbeda dengan mobil sedan yang memiliki bagasi di bagian belakang. Jadi usahakan jangan meletakan barang-barang berat. Atur barang sebisa mungkin, dan jangan lupa menggunakan pembatas yang diberikan oleh APM yang berguna sebagai penutup bagasi. Selain itu, barang yang dibawa jangan sampai menghalangi pandangan atau visibilitas pengemudi ke arah belakang," jelas Jusri Pulubuhu.

Toolbox 
Hal lain yang harus diingat adalah perlengkapan toolbox, jangan sampai salah meletakan. Karena jika salah meletakan, saat Anda melakukan rem mendadak atau ada kecelakaan, piranti tersebut akan melukai Anda. "Ini malah bisa menciderai atau melukai pengemudi dan penumpang, karena antara bagasi dan penumpang tidak diberi penghalang," tambah Jusri.
 
Beban
Untuk beban muatan yang dibawa, Jusri menambahkan hal tersebut mengikuti apa yang disarankan oleh APM. "Jumlah berat barang yang harus dibawa mengikuti manual book yg ada, karena berbeda-beda setiap mobil. Satu lagi, jangan meninggalkan barang berharga di dalam mobil. Karena tidak ada bagasi sehingga orang dapat dengan mudah melihat barang di bagian belakang", imbuh pria yang sudah 30 tahun lebih bergelut di dunia safety driving ini.
 
Route
Sedangkan untuk pemilihan jalan, Jusri pun membeberkan, untuk hal tersebut bisa berkaca dari kapasitas mesin yang digunakan. Tidak ada pengecualian atau larangan untuk sebuah mobil kecil melintas di kawasan tertentu. "Pesannya satu, harus tahu karakter mobil, mesin mobil, serta mengetahui medan," pungkas Jusri.