Saat Berkendara Jarak Jauh Wajib Istirahat Setiap 4 Jam Sekali

Thursday, 21 June 2018

Tradisi yang sering dilakukan masyarakat Indonesia ketika Hari Raya Idulfitri, yaitu pulang ke kampung halaman. Kebiasaan itu dikenal dengan sebutan mudik, dan biasanya dilakukan mulai tujuh hari sebelum hari Lebaran.

Jarak tempuh masing-masing orang berbeda-beda, ada yang dekat bahkan jauh sekalipun. Istirahat yang cukup pada malam sebelum melakukan perjalanan mudik. Fisik yang sehat dan fit begitu penting untuk menikmati perjalanan mudik aman dengan mobil. Kondisi fisik pengemudi bisa memengaruhi keselamatan penumpang.

Nah, buat yang melakukan perjalanan jauh, tidak hanya untuk mudik saja, tetapi setiap melakukan jalan jauh dengan mobil pribadi, wajib istirahat setiap 4 jam sekali.

Luangkan waktu 30 menit setelah berkendara selama 4 jam agar stamina tetap terjaga hingga sampai di tujuan. Gunakan waktu beristirahat juga dengan seefisien mungkin, karena bukan hanya Anda yang ingin istirahat di tempat peristirahatan terutama di jalan tol.

Hindari rasa kantuk dan lelah, karena bisa mengganggu konsentrasi pengemudi saat di perjalanan. Kalau Anda Sudah merasa mengantuk segeralah cari tempat peristirahatan dan posko-posko siaga. Perjalanan mudik dengan jarak yang jauh, sebaiknya membuat peraturan agar yang menyetir ada dua orang sehingga bisa bergantian, saat salah satu pengemudi merasa lelah dan mengantuk.

Hal tersebut dilakukan demi keamanan dan keselamatan bersama. Sesuai dengan Undang-Undang tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, maka wajib hukumnya buat pengemudi melakukan istirahat setelah menempuh perjalanan empat jam sekali.

Batas kemampuan manusia ketika mengemudi diperkirakan maksimal hanya empat jam. Jika tidak melakukan istirahat maka akan merasakan lelah dan paling parah bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Kondisi badan yang lelah, otomatis kemampuan mengemudi menjadi menurun, konsentrasi dan pandangan ke depan pun ikut turun sehingga sangat besar potensi terjadi kecelakaan lalu lintas.

Oleh sebab itu, sangat disarankan ketika melakukan perjalanan jauh selalu menyempatkan istirahat setiap empat jam sekali. Lakukan kegiatan seperti tidur, atau minum dan baru jalan kembali setelah badan merasa lebih segar.