Salon Mobil, Seberapa Penting?

Saturday, 22 October 2016


Mencuci mobil saja, ternyata tidak cukup untuk penampilan prima. Sesekali Hyundai kesayangan juga perlu perawatan salon. Karena mencuci mobil ibaratnya manusia mandi, hanya membersihkan bagian yang kasat mata. Sedangkan salon mobil, dibutuhkan untuk merawat mobil dari berbagai faktor cuaca yang mengakibatkan berbagai kerusakan baik pada bagian eksterior, interior maupun mesin. 

Bagian mobil yang paling rentan dan sangat penting untuk dibawa ke salon mobil adalah eksterior. Karena bagian ini sangat  rentan dengan jamur, cat kusam, cipratan aspal,  jalan berlumpur, air hujan bahkan yang disebabkan teknik pencucian mobil yang salah.

Pentingnya memelihara mobil dengan baik, sehingga salon mobil pun sebaiknya dilakukan secara rutin. “Paling tidak 2 atau 3 bulan sekali. Apalagi kalau cuaca ekstrem seperti akhir-akhir ini. Cuci mobil saja seringkali masih meninggalkan sisa-sisa kotoran yang nempel. Apalagi kalau cucinya ngasal. Cat mobil malah kusam,” ujar Arya dari Shine Auto Wax, layanan salon mobil panggilan. 

Beberapa bagian yang ‘wajib’ nyalon, yang pertama, mesin. Salon khusus mesin (Engine Compartmen Cleaning) akan membersihkan bagian yang meliputi bagian mesin. Dari yang gampang dijangkau hingga bagian yang susah. Tujuannya, membersihkan mesin dan ruangan mesin dari kotoran-kotoran yang berasal dari pembakaran, sisa-sisa oli yang mengerak serta kotoran debu yang menempel. 

Ada juga salon kaca (Window Cleaning), tujuannya membersihkan kaca kaca dari jamur, lemak dan flek-flek kotoran akibat hujan asam serta kotoran debu yang membandel. Bagian interior (Interior Cleaning), dan eksterior. Untuk salon eksterior me;iputi roda, velg dan bodi. Dengan membersihkan kotoran-kotoran aspal, cat pada body dan velg, bisa menghilangkan baret halus, dan cat terlihat bersih mengkilap.