Semakin Sulit Dicuri Berkat Immobilizer

Tuesday, 14 February 2017

Teknologi pada mobil semakin berkembang sekarang ini. Bukan hanya pada fitur-fiturnya saja, bahkan hingga anak kunci sekali pun memiliki teknologi yang canggih. Teknologi ini sekarang disebut dengan immobilizer. Fitur ini termasuk kedalam fitur keamanan dan mampu membuat mobil Anda semakin sulit dicuri.

Meskipun pintu mobil bisa dibobol, namun untuk menyalakan mesin sekarang tidak akan mudah jika mobil sudah menggunakan immobilizer. Pasalnya, di dalam kunci immobilizer terdapat sebuah chip yang terkoneksi dengan perangkat di mobil.

Prinsip dari immobilizer sederhana, di dalam tiap anak kunci, pabrikan mobil membenamkan perangkat elektronik yang memancarkan sinyal kode. Di dalam mobil juga terdapat antenna penerima sinyal yang mencocokkan kode dari kunci dengan yang ada di mobil.

Bila kodenya cocok, maka mobil akan menyala dengan mudah. Tapi bila kodenya berbeda, ECU tidak akan menangkapsinya untuk menghidupkan mesin mobil. Immobilizer juga tidak mudah di-bypas atau dibobol, karena kode disimpan di dalam IC yang cukup rumit.

Bila di suatu saat system computer mendeteksi adanya usaha menyalakan mobil dengan kunci yang tak memiliki kode valid atau berbeda dengan yang tersimpan di memorinya, maka computer mobil akan non-aktif selama waktu tertentu. Ini jelas akan menyulitkan pencuri mobil Anda

Untuk membuat sistemnya lebih sulit lagi diterobos, sekarang ini immobilizer juga sudah memiliki kode dinamis. Jadi, setiap kali Anda menyalakan mesin, computer mobil akan mengubah kode di dirinya dan di kunci mobil. Hebatnya, system ini masih bisa mengenali kunci cadangan yang juga dilengkapi sistem immobilizer serupa.