Semir Ban Tepat Agar Ban Awet

Saturday, 16 September 2017

Meski terlihat sepele, namun kita harus lebih teliti dalam memilih produk semir ban yang tepat. Karena jika salah memilih bukan tidak mungkin akan menyebabkan kerusakan pada ban. Salah satu yang harus diperhatikan adalah material kimia dari semir ban. Ada dua jenis material dalam semir ban, yaitu pertama adalah silikon berbasis minyak atau solvent, kedua silikon dengan bahan dasar air alias water base.

 

Silikon berbasis solvent biasanya memberikan hasil yang tampak lebih mengilap dan memberikan efek basah (wet look), namun efeknya tak bertahan lama. Efek selanjutnya justru buruk karena membuat permukaan ban justru menjadi kering. Jika sering digunakan pada ban, semir ban dengan kandungan silikon berbahan dasar solvent ini dapat membuat ban menjadi mengering, sehingga merusak permukaan karet membuat dinding ban getas serta retak. Ciri lainnya adalah bila diaplikasikan, semir ban dengan solvent lebih terasa lengket di permukaan ban.

 

Kedua, yaitu material silikon dengan bahan dasar air alias water base yang relatif aman bagi ban. Itu sebabnya produsen cairan pembersih mobil terpercaya lebih memilih material ini sebagai bahan dasarnya. Selain itu semir ban jenis ini juga lebih ramah lingkungan. Hanya saja harganya relatif lebih tinggi dibandingkan semir ban lainnya.

 

Dilihat dari jenisnya, semir ban yang banyak dijumpai di pasaran umumnya terbagi menjadi dua jenis: berbentuk cairan dan foam. Semir ban jenis cairan, terutama yang berbentuk seperti gel, biasanya harus dibantu oleh spons agar merata di permukaan ban atau menggunakan spons. Kelebihannya adalah daya kilap yang tinggi sehingga ban terlihat lebih bersih.

 

Sedangkan semir ban jenis foam atau busa belakangan semakin menjadi pilihan pemilik mobil karena pemakaiannya yang lebih praktis lagi. Jenis foam ini punya kelebihan yakni berfungsi juga sebagai pembersih. Dengan begitu, ban yang tidak terlalu kotor tak perlu lagi dicuci terlebih dahulu. Cukup disemprot dan biarkan foam bekerja membersihkan sekaligus mengilapkan ban. Hanya saja efek kilapnya yang tak sebaik jenis spray maupun gel.