Setelah Pergi Jauh Jangan Lupa Lakukan Perawatan Berkala Mobil Anda

Saturday, 30 June 2018

Musim mudik dan libur Lebaran sudah dilewati, para pemudik yang berjibaku di jalur-jalur mudik akan kembali ke Ibu Kota untuk memulai aktivitas harian mereka. Tapi bagi Anda yang sudah melakukan perjalanan mudik ada baiknya tetap melakukan pengecekan terhadap kendaraannya di bengkel resmi.

Persiapan untuk pergi mudik itu tidak hanya sebelum pergi saja, tapi juga setelahnya. Karena mobil Anda sudah diajak menempuh perjalanan hingga ribuan kilometer dengan kondisi medan dan lalu lintas yang beragam.

Perawatan mobil tidak hanya dilakukan sebelum mulai pergi jauh atau saat mudik, tetapi setelah melakukan perjalanan jauh itu pun wajib melakukan pengecekan. Hal tersebut dilakukan untuk membuat mobil tetap dalam kondisi prima.

Jadi, langkah yang harus dilakukan usai mudik dari kampung halaman, yaitu hal yang bisa dikerjakan sendiri seperti mencuci dan membersihkan mobil mulai dari luar hingga dalam, karena pasti kotor dan banyak sisa-sisa makanan yang menempel di mobil tersebut.

Setelah itu, satu hari setelahnya bisa langsung datang ke bengkel untuk melakukan pergantian oli atau mengecek semua komponen dan memastikan masih berfungsi dengan baik sehingga tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Mekanik juga nanti akan memberikan informasi jika ada komponen yang memang harus diganti. Setidaknya, periksa seperti kondisi komponen sistem pengereman, kelistrikan, hingga suspensi harus selalu dalam kondisi baik.

Selain itu, bisa juga melakukan tune up agar performa mesin mobil Anda kembali menjadi prima. Sebab, sudah melakukan perjalanan jauh, jadi butuh dibersihkan lagi seperti saringan udara, saringan oli, dan lain sebagainya.

Jika mobil selalu dalam kondisi prima, maka Anda pun akan merasa aman dan nyaman ketika melakukan perjalanan untuk menunjang aktivitas sehari-hari Anda.