Stok Ban, 4 Jurus Penyimpanan Agar Panjang Umur

Saturday, 29 October 2016

 
Punya stok ban di garasi rumah? Atau menemukan promo dengan diskon yang sayang dilewatkan sehingga belanja ban lebih dari kebutuhan? Boleh aja, kesempatan bagus seperti itu kan tidak datang tiap hari. Tapi, jangan digeletakkan atau ditumpuk begitu saja. Menyimpan ban sembarangan, bisa mengurangi performanya. Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, agar ‘aset’ istimewa ini tetap prima pada saat dibutuhkan. 

 

Dengan Velg 
Ada dua kondisi yang harus diperhatikan, pertama adalah ban yang terpasang pada velg dan ban tanpa velg. Untuk ban yang terpasang di velg, sebaiknya ban tersebut digantung atau ditumpuk. Dengan kondisi ban yang menempel pada velg, Anda tidak dianjurkan untuk meletakannya secara vertikal atau berdiri dalam waktu lama. 

 

Tanpa Velg 
Sedangkan untuk ban tanpa velg, cara menyimpan ban yang dianjurkan adalah dengan cara mendirikannya atau menaruhnya di posisi vertikal. Jangan menyimpan ban digantung atau di tumpuk. Posisi terbaik adalah didirikan, karena pada posisi ini dinding ban akan tetap kokoh.

 

Masa Penyimpanan 
Jika ban belum pernah dipakai sejak saat Anda beli, ban memiliki usia lima tahun. Namun jika sudah terpakai, maka usianya pun akan berkurang menjadi tiga tahun. Ban yang kelewat lama disimpan, karetnya akan menjadi getas. 

 

Kelembaban & Panas
Adapun hal lain yang harus Anda ketahui adalah suhu kelembaban. Pastikan simpan di ruangan sejuk, tidak terpapar matahari secara langsun. Karena jika terlalu panas permukaan ban tersebut akan cepat kering dan getas.