Sunroof, Moonroof,Panoramic Roof. Apa Bedanya?

Tuesday, 23 August 2016

Saat ini semua mobil keren keluaran terbaru hampir memiliki yang namanya sunroof, moonroof atau panoramic roof. Namun sebenarnya apa si ketiga hal tersebut? Nah buat yang masih bingung, berikut ini adalah artikel yang akan membahas mengenai apa itu sunroof, moonroof, dan panoramic roof. Jika dibedakan dari fungsinya, ketiga perangkat tersebut memiliki fungsi yang sama, yakni agar cahaya dan udara dapat keluar masuk melalui perangkat tersebut.

Sunroof, ini merupakan panel yang diaplikasikan pada atap mobil. Sementara untuk bahan sunroof sendiri biasanya terbuat dari tempered glass ataupun plat yang dapat dibuka tutup dengan sistem elektrik. 

Sementara untuk moonroof, ini masih perangkat yang sama dengan sunroof namun memiliki sistem kerja yang berbeda. Sunroof bekerja dengan cara terbuka ke atas sedangkan moonroof akan masuk ke dalam atap mobil. Untuk bahan yang digunakan masih sama, yakni mengandalkan tempered glass.

Lain lagi dengan panoramic roof, untuk perangkat ini berbeda dari sunroof dan moonroof. Jika sunroof dan moonroof dapat dibuka, panoramic roof hanya merupakan lapisan kaca yang tidak dapat dibuka dan tutup, ia hanya bersifat lapisan kaca yang berfungsi sebagai sarana masuknya cahaya ke dalam kabin mobil. 

Nah sudah paham kan sekarang? Keren deh...