Teknologi Baru Hyundai yang Bisa Memisahkan Zona Suara

Friday, 28 September 2018

Jika biasanya kita selalu bergantian dalam memutar lagu di mobil, tapi kini sudah tidak perlu menunggu giliran lagi. Karena Hyundai Motor untuk pertama kalinya meluncurkan inovasi berupa fitur separated sound zone (SSZ) atau zona suara terpisah. Teknologi ini memungkinkan pengemudi dan penumpang dapat menikmati stream audio sesuai dengan keinginan atau kebutuhan masing-masing.

Uniknya, mereka dapat menikmati pilihan masing-masing--seperti termasuk musik, handsfree panggilan telepon gratis, dan peringatan kendaraan--sambil mempertahankan ruang sosial tanpa headphone di mana penumpang dapat berkomunikasi secara bebas.

Berkat fitur SSZ ini, sejumlah speaker yang disematkan dalam fitur teknologi kendaraan ini menggunakan prinsip saintis untuk mengurangi atau menambah level audio dari gelombang suara. Teknologi ini juga meniadakan suara yang tumpang tindih dan dapat dinikmati tanpa perlu menggenggam ponsel.

"Konsumen di era navigasi otonom menuntut pilihan hiburan yang semakin disesuaikan dalam kendaraan mereka, yang meliputi inovasi teknologi SSZ," ujar Kang-duck Ih, Research Fellow di Hyundai NVH Research Lab.

Menurutnya, selera musik orang berbeda-beda sehingga beberapa penumpang memilih untuk menggunakan headphone selama perjalanan untuk mengisolasi stream audio mereka. Akan tetapi, tetapi cara ini menciptakan penghalang sosial yang tidak perlu saat berinteraksi dengan penumpang lain.

Kang-duck menambahkan, "Saya berharap dengan menyediakan pengemudi dan penumpang dengan ruang audio yang disesuaikan dan independen, mereka akan menikmati lingkungan transportasi yang lebih nyaman dan menghibur."

Bila bepergian dalam kendaraan yang dilengkapi dengan teknologi SSZ generasi mutakhir, setiap penumpang dapat menghubungkan ponsel cerdas mereka melalui Bluetooth dan mendengarkan musik mereka sendiri tanpa gangguan dari, atau mengganggu aliran audio penumpang lain.

Ketika SSZ digunakan, panggilan telepon hands-free juga dapat diisolasikan ke penumpang individu, memastikan privasi ketika melakukan percakapan penting saat bepergian.

Bunyi navigasi, atau berbagai peringatan memungkinkan pengemudi untuk fokus pada kendaraan, sementara sistem SSZ mengisolasi suara-suara ini, mempertahankan area yang tenang untuk penumpang lainnya. Ini berguna juga untuk pengemudi yang membawa anak jika sedang tidur di mobil, jadi mereka tidak terganggu. Teknologi SSZ telah dikembangkan sejak 2014, dan sistem produksi massal yang lengkap diharapkan siap untuk dipasang di kendaraan dalam 1-2 tahun.