Ternyata Baut Roda Juga Butuh Perhatian

Saturday, 09 December 2017

Dari sekian banyak pengguna mobil di Indonesia, bisa jadi Anda salah satu yang jarang berhubungan dengan yang namanya mur ataupun baut roda. Ternyata tidak hanya ban mobil saja yang butuh diperhatikan secara rutin, namun juga baut roda yang menjadi penyambung antara ban dengan pelek.

Perawatan berkala serta penggunaan kunci roda yang tepat bisa mencegah kerusakan mur maupun baut roda. Jangan pernah remehkan peran mur ataupun baut roda, karena ia berkaitan erat dengan aspek keselamatan berkendara

Sebetulnya, perawatan soal baut dan mur itu suka dianggap tidak penting. Padahal ini butuh perlakuan khusus, sewaktu-waktu Anda harus mengganti roda akibat ban kempis, bisa saja mur ataupun baut roda jadi sulit dibuka akibat karat.

Dalam buku panduan yang tersedia di setiap mobil, sebetulnya sudah disarankan oleh pabrikan untuk melakukan rotasi ban setiap 10.000 km. Inti utamanya tentu saja untuk mencegah keausan ban yang tidak rata. Di samping itu, sebenarnya Anda bisa melakukan perawatan sekaligus terhadap mur dan baut roda.

Ketika roda dibongkar, ada baiknya Anda juga sekaligus meminta mekanik untuk memberi cairan penetran pada mur dan juga baut roda. Atau bila baut sudah berkarat, bisa dioles dengan gemuk (grease) secukupnya.

Namun bukan berarti ketika Anda melakukan perawatan berkala tidak akan terjadi masalah. Misalnya saja salah penanganan ketika mengencangkan mur atau baut roda yang akhirnya bisa menyebabkan drat di baut atau mur menjadi tergerus.

Alhasil, perangkat yang berfungsi untuk mengencangkan pelek pada hub roda ini akan kehilangan fungsinya. Selain itu, besar kemungkinan gaya sentrifugal pelek ketika berputar jadi tidak sempurna. Maka itu, penanganannya butuh perlakuan khusus. Masing-masing merek mobil punya jenis dan ukuran baut maupun mur yang berbeda. Biasanya dibedakan menjadi tiga ukuran,  1,25 mm dan 1,5 mm dan 1,75 mm.

Mur pun ada jenisnya lagi. Mulai dari yang menggunakan ring, sampai yang model payung. Material yang digunakan pun harus yang punya kualitas terbaik agar tidak mudah dol. Sebaiknya gunakan baut yang terbuat dari bahan baja produksi Jepang. Hal ini untuk mencegah baut merenggang ketika dikencangkan dengan mur.