Thierry Neuville Berhasil Mempertahankan Klasemen Di WRC Finlandia

Tuesday, 08 August 2017

Pada tanggal 27 Juli, diselenggarakan ajang Neste Rally Finland yang merupakan seri kesembilan dari 12 seri World Rally Championship (WRC) 2017. Pada seri ini lintasan gravel menjadi tantangan dengan jumlah stages sebanyak 25 SS dengan total panjang lintasan 315,63 km. Trek ini tercatat sebagai salah satu seri dengan karakter kecepatan tinggi.

Di hari pertama, Thierry Neuville bersama navigator Nicolas Gilsoul berpeluang besar memenangkan SS1 di Harju, namun sayang waktunya masih kalah cepat dari pembalap lain dari Estonia, Ott Tanak. Pembalap Hyundai lainnya, Hayden Paddon dengan navigator Seb Marshall berhasil finish di posisi 6, sedangkan Dani Sordo dan navigator Marc Marti berhasil finish di urutan ke-10 pada babak pertama WRC Finlandia.

“Ya, saya tidak yakin kalau saya akan cukup cepat untuk mengejarnya. Ke depannya kita menargetkan untuk meraih kembali poin dalam jumlah yang lebih banyak. Saya yakin karena saya punya tim bagus yang bekerja keras untuk meningkatkan performa kami,” ucap Thierry Neuville.

Menggunakan Hyundai i20 Coupe WRC, Thierry Neuville yang difavoritkan menjadi juara WRC musim 2017 ini berhasil memenangkan salah satu SS yang diadakan, tepatnya di SS ke-13, sirkuit Harju 2  dengan catatan waktu 1:46,9 menit. Sayangnya rekan-rekan tim Hyundai Motorsport lainnya, Dani Sordo dan Hayden Paddon tidak berhasil memenangkan SS di Finlandia, bahkan Hayden Paddon mengalami kerusakan suspensi sejak dari SS 4.

“Saya menanti babak berikutnya yaitu di Jerman. Reli kali ini sangat sulit buat kami dan tim. Kita berusaha melupakannya dan menyiapkan lebih baik lagi untuk babak di Jerman, dan memastikan meraih kemenangan di sana,” ucap Dani Sordo. Dengan hasil ini, klasemen tetap diduduki Thierry Neuville pada peringkat pertama dengan jumlah poin 160. Untuk klasemen manufaktur, Hyundai Motorsport masih bertahan di posisi kedua dengan 250 poin.