Tidak Perlu Lirik Bawah Lagi, Apa itu Teknologi HUD?

Friday, 06 January 2017

Setiap mobil pasti dilengkapi dashboard, di mana ada speedometer yang memberikan banyak info lainnya, seperti fuelmeter, clock, dan beberapa indicator lainnya. Tapi dengan kemajuan teknologi, sekarang ada yang namanya HUD (Head-Up Display). Teknologi ini juga sudah diaplikasi pada mobil Hyundai Genesis.

Teknologi ini pertama kali diaplikasi pada pesawat tempur militer. Tujuannya agar pilot pesawat tempur tidak perlu melirik ke instrumen lain untuk melihat indikator yang ada pada pesawatnya. Pilot tersebut akan tetap melihat ke arah depan, jadi tidak perlu lagi kehilangan focus dengan melirik ke instrumen lain.

Dengan teknologi ini, informasi yang tadinya ada di speedometer, bias terpampang di kaca depan Anda. Jadi, Anda tidak perlu lagi melirik ke bawah. Teknologi ini juga dapat meminimalisir resiko kecelakaan lalu lintas, karena pandangan kita yang selalu mengarah ke depan.

Sementara pada Hyundai Genesis sendiri, HUD juga menampilkan berbagai info lainnya dari lingkungan sekitar. Mulai dari speed limit, school zones, lame keep assist, blind spot detection, navigation instructions, juga bias memprediksi ketika pengereman darurat akan dilakukan. Masih banyak juga system peringatan lainnya yang dapat ditampilkan HUD ini.

Beberapa pabrikan after market juga mulai mengembangkan teknologi ini untuk dijual di pasaran.