Tips Memasang Childseat Pada Mobil

Friday, 24 June 2016

Hyundai Lovers, keselamatan bagi anda pengguna mobil memang sangat penting, terutama bagi pengendara yang mempunyai bayi atau anak yang masih dibawah umur. Child seat sangat dibutuhkan ketika membawa anak anda berpergian menggunakan mobil, meski tak jarang para orang tua justru kesulitan mendapatkan cara terbaik melindungi buah hati mereka di dalam kendaraan.
Agar putra-putri anda aman, sebaiknya anda perlu memperhatikan seat yang benar untuk nya. Namun kebanyakan para orangtua di Indonesia tidak menggunakan car safety seat ketika mengajak bayi mereka berkendara, melainkan hanya mengandalkan baby sitter untuk memangku selama perjalanan. Ini justru akan membahayakan keselamatan sang buah hati.
Berikut beberapa tips cara memasang child seat yang benar di mobil:
Pertama yang perlu diperhatikan adalah car seat yang digunakan memiliki label yang menyatakan telah disetujui dan memenuhi standar keselamatan. Pilihlah child seat yang sesuai dengan usia, berat dan panjang bayi atau anak anda agar memberikan perlindungan maksimal. Perhatikan tahun pembuatan saat membeli child seat baik yang baru maupun bekas. Usia child seat sebaiknya tidak lebih dari 6 tahun.
Pada usia bayi 2 tahun, child seat disarankan dipasang "rear-facing" atau menghadap kebelakang. Rear-facing lebih aman karena jika terjadi kecelakaan, badan bayi akan terdorong ke belakang kursi bayi, sehingga kepala, leher dan tulang punggung tersangga dengan baik. Kursi belakang adalah tempat yang paling aman untuk meletakkan child seat, hindari meletakkan di kursi depan terutama pada kendaraan yg memiliki air bag, karena dapat menimbulkan cedera akibat tekanan yang diberikan saat kecelakaan terjadi.
Ada dua child seat yang bisa anda pilih untuk dipasang di mobil anda, yaitu Infant Capsule dan Convertible Seat. Infant-capsule berfungsi untuk rear-facing (menghadap kebelakang), Untuk sekedar informasi, harga Infant-Capsule tergolong mahal. 
  Infant Capsule.
Convertible Seat bisa diubah menjadi forward-facing (menghadap kedepan). Convertible seat juga lebih ekonomis karena bisa dipakai lebih lama. Convertible seat cocok lebih untuk bayi baru lahir hingga berat mencapai 36 kg. Seperti yang disebutkan sebelumnya, bisa digunakan dengan mengahadap ke belakang atau depan.
 Convertible Seat.

Beberapa hal penting lainnya yang perlu diperhatikan juga adalah:
1. Memastikan agar car seat terpasang dengan baik, tidak longgar atau tergeser lebih dari 3 cm. Gunakan lutut untuk menekan saat pemasangan sebelum sabuk pengaman kendaraan dikencangkan. Gunakan klip pengunci khusus agar sabuk pengaman tidak bergeser yang dapat melonggarkan car seat. 
2. Sudut kemiringan yang ideal dan aman saat pemasangan infant-capsule atau car seat yang menghadap kebelakang adalah 45 derajat. 
3. Kepala bayi harus berada setidaknya 6 cm dari pinggir atas car seat untuk memberikan proteksi maksimal. 
4. Gunakan pakaian yang sesuai yang memungkinkan kedua tungkai bawah bayi tetap bebas saat berada di kursi bayi. 

5.  Car seat tidak dirancang untuk menjadi tempat duduk dalam waktu lama. Jika melakukan perjalanan panjang usahakan berhenti atau istirahat tiap 1 jam.