Tips Rawat Sunroof, Waspada Jamur!

Saturday, 20 August 2016

Salah satu fitur keren produk terbaru Hyundai untuk kelas MPV dan SUV terbaru adalah panoramic roof. Fitur ini ada di varian Hyundai Santa Fe untuk big SUV dan Hyundai Tucson untuk medium SUV. Untuk varian terbaru Hyundai Tucson yang baru diperkenalkan di ajang GIIAS 2016 lalu, All New Tucson XG, yang merupakan seri paling tinggi dilengkapi dengan panoramic roof. 

Nah, buat yang ingin naikin kelas kendaraan, produk yang dilengkapi panoramic roof dari Hyundai ini sangat pas. Panoramic roof menciptakan kesan elegan modern, dan atmosfer kabin yang lebih luas dan terbuka. Tapi meski beratap ‘bening’, keamanan tetap terjaga baik.  

Yang perlu diperhatikan adalah perawatan panoramic roof. Prinsipnya tidak jauh berbeda dengan perawatan sunroof atau moonroof. Jadi untuk pemilik varian yang tidak dilengkapi varian roof, jurus-jurus perawatan ini tetap bisa dipakai. 

Bagian yang paling perlu perawatan adalah kaca. Jaga agar tetap bersih dan mengilap. Karet-karetnya juga mesti dipastikan agar tidak gampang getas. Karet yang getas atau mengeras akan menyebabkan kebocoran. Jaga kebersihan dan kelancaran relnya, supaya tetap lancar digeser-geser. 

Agar tetap bisa menikmati suasana luar dengan nyama, jaga kebersihan kaca dari jamur. Rutin bersihkan menggunakan cairan khusus kaca. Jangan sampai ada endapan air setelah dilakukan pencucian mobil. 

Bagian karetnya, juga wajib rajin membersihkan kotoran yang menempel di karet sunroof dan talang airnya. Kotoran bisa menghambat pergeseran kaca saat kamu pencet buka-tutupnya. Kalau perlu gunakan cairan khusus yang sekaligus melindungi karetnya agar tidak cepat getas. 

Nah, untuk bagian relnya, gunakan pelumas atau grease pada sliding rail secara teratur. Paling tidak 6 bulan sekali supaya kerja rel tetap optimal.