Upgrade Velg, Jangan Lupa Upgrade Rem Juga

Saturday, 15 October 2016

 
Melakukan penggantian velg standar dengan yang lebih besar tidak hanya bicara soal penampilan yang lebih kece. Tapi juga mesti mempertimbangkan faktor daya cengkram mobil yang lebih baik. Karena permukaan velg yang lebih besar otomatis memiliki lebar permukaan yang lebih besar pula. Begitu pun dengan pengaplikasian ban, juga menggunakan profil yang tapaknya lebih lebar.
 
Nah, saat itulah, ketika telah melakukan upgrade velg ke ukuran (diameter dan lebar) yang lebih besar, Anda juga disarankan untuk melakukan peningkatan sistem pengereman. Hal ini berguna karena makin besar dimensi velg, makin besar juga pengaruh dari bodyroll yang bertambah. 

Beban yang akan ditanggung rem untuk menghentikan kendaraan juga akan makin besar. Sehinggak kemungkinan rem standar saja tidak bisa optimal. Apalagi kalau dimensi, diameter, lebar dan berat velg yang baru cukup jauh bedanya dengan yang standar. Tujuannya melakukan upgrade sistem pengereman dengan yang lebih bagus adalah agar daya cengkeram dari rem tersebut tetap baik.
 
Sebenarnya bukan hanya rem yang harus Anda upgrade, ada beberapa komponen lain lagi seperti per dan sokbreker. Penggantian tersebut bertujuan agar suspensi semakin rigid dan mampu mereduksi gejala bodyroll saat menikung. Selain itu, Anda juga harus melakukan wheel alignment agar dapat melakukan setting toe dan chamber pada ban.