Waspada Jamur di Kaca & Panoramic Roof

Tuesday, 23 August 2016


Kaca bersih, bening dan kinclong, suasana hati pengemudi dan penumpang pun pasti lebih cerah. Tak hanya kaca-kaca, begitu pula atap mobil yang kini banyak dibekali sunroof sampai panoramin roof. Fitur panoramic roof banyak menjadi fitur keren di mobil mewah, kini bisa dinikmati di Hyundai Tucson dan Santa Fe. Tentu saja di varian paling tingginya. 

Nah, dengan fitur yang biasa dipunya mobil mewah ini, jangan sampai terabaikan perawatannya. Enggak update cara perawatannya kaca-kaca di mobil. Enggak cuma dekil karena kotor tapi juga sampai jadi ‘sarang’ jamur.  

Kaca-kaca dan panoramic roof bisa maksimal dinikmati kalau perawatannya seluruh bagiannya rutin. Apalagi di bagian atap seperti sunroof atau panoramic roof, yang kena panas dan hujan secara vertikal dan langsung. Jangan sampai pandanganmu terganggu dengan noda-noda di kaca karena jarang dirawat. 

Merawat kaca panoramic roof tentu membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Karena posisinya di atas. Merawatnya, hampir sama dengan merawat kaca depan mobil. Karena memang bahan kacanya sama, yaitu laminated. Bahkan panoramic roof lebih tebal ketimbang kaca depan mobil lho. 

Nah, untuk merawat kaca-kaca ini sebaiknya jangan menggunakan cairan kimia yang mengandung alkohol. Bikin kaca malah jadi buram. Gunakan pembersih seperti shampo rambut, odol atau cairan alami dari tembakau. 

Caranya, cuci dulu kaca menggunakan air bersih. Lalu lap dengan kain bersih juga. Lebih bagus menggunakan kain microfiber. Nah, selanjutnya, aplikasikan shampo atau odol atau cairan tembakau ke kaca. Gosok-gosok secara memutar satu arah. Hasilnya, bisa langsung kelihatan deh. 

Oya, bisa juga menggunakan cairan tembakau. Cairan ini bisa dibikin dari beberapa batang rokok. Buang kertas pembungkusnya, dan rendam tembakaunya beberapa menit.

Nah, air rendaman ini manjur buat mengusir jamur di kaca panoramic roof maupun di kaca depan. Gampang kan...