Waterless Car Care: Bersih Tanpa Basah

Sunday, 22 October 2017

Setiap pemilik mobil pasti selalu ingin mobilnya terlihat bersih dan mengkilap. Bagi Anda yang tidak ingin basah saat membersihkan mobil, telah hadir cairan khusus pembersih mobil tanpa menggunakan air. Tentu keberadaan waterless car care ini sangat membantu Anda, utamanya yang tinggal di apartemen.

Mulai diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2014, keberadaan waterless car care semakin popular. Beragam merk, baik lokal maupun luar negeri kini tersedia dengan harga yang sangat beragam. Tak harus datang ke toko, cairan pembersih tanpa air ini pun bisa didapatkan pada jaringan penjualan online.

Rata-rata bahan yang digunakan pada produk waterless car care menggunakan material carnauba wax yang umum dipakai pada jasa salon mobil. Sehingga ketika mobil selesai ‘dicuci kering’, permukaan cat akan tampak lebih mengilap tidak seperti mencuci konvensional menggunakan air.

Prinsip kerjanya terdiri dari tiga langkah yaitu semprot, lap, dan poles. Untuk mengelap bodi mobil, waterless car care  tidak menggunakan chamois, tapi mengandalkan lap micro fibre. Hal ini untuk meminimalkan terjadinya goresan pada permukaan bodi yang disebabkan kotoran menempel pada chamois.

Proses kerjanya dengan menyemprotkan cairan pada permukaan bodi mobil yang kotor. Kemudian permukaan tersebut dilap dengan micro fibre. Saat mengelap, permukaan bodi tidak perlu ditekan. Setelah itu, permukaan bodi kembali dilap kembali dengan micro fibre bersih untuk mengeringkan.

Catatan yang harus diperhatikan dari waterless car care adalah, cairan ini tidak bisa digunakan untuk kondisi mobil yang permukaan bodinya dipenuhi lumpur. Cairan ini juga tidak dapat digunakan untuk membersihkan sasis mobil. Untuk kondisi lumpur maupun membersihkan sasis tetap harus menggunakan air sebagai medianya.

Setidaknya terdapat dua produk waterless yang dapat dijumpai yaitu Valo Waterless Car Care dan Nowet Waterless Carclean. Namun selain keduanya, beberapa merk lokal lainnya juga data ditemui.