Wiper, Bukan Sekadar Karet Penghapus Air

Wednesday, 21 September 2016

 
Guna membantu visibilitas dalam berkendara di kala hujan, wiper menjadi satu-satunya peranti yang dapat membantu kita untuk terus berkendara. Namun jika dalam cuaca panas, sering kali komponen yang satu ini terabaikan. Karena material wiper terbuat dari bahan rubber atau karet sebagai penyapunya, maka anda harus memperhatikannya agar karet tersebut tidak getas atau mengeras.
 
Secara general, wiper ini dibagi menjadi tiga jenis, yakni wiper blade standard, frameless wiper blade dan graphite coating wiper blade. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasannya berikut ini. 

Wiper Blade Standard
Ini merupakan wiper yang memiliki rangka terbuat dari besi. Sedangkan untuk pisaunya, masih terbuat dari karet atau rubber. Sering kali wiper jenis ini memiliki kelemahan seperti korosi pada bagian framenya, sehingga tingkat kelenturan karetnya pun turut terpengaruh.
 
Frameless Wiper Blade
Wiper jenis ini lebih modern karena hadir tanpa frame besi seperti pendahulunya. Meski tampil dengan modern, namun wiper jenis ini masih memiliki kelemahan seperti daya sapuhnya yang kurang merata. Hal ini dikarenakan tidak adanya frame sebagai pegangan dari bilah karet tersebut. 

Graphite Coating Wiper Blade
Jenis ini khusus digunakan pada kaca depan mobil yang telah mengadopsi water repellant. Dengan menggunakan graphite coating wiper blade ini, tidak akan menghapus lapisan water repellant.