Youtube Punya Mode Incognito, Bisa Menonton Tanpa Meninggalkan Jejak

Saturday, 29 September 2018

Youtube sudah ditonton oleh miliaran orang di dunia hingga saat ini. Untuk itu, program aplikasi berbagi konten video ini pun terus mengembangkan fitu-fitur yang dimilikinya. Yang terbaru adalah mode Incognito.

Fitur ini berguna jika Anda gemar menonton Youtube tapi tidak suka dengan adanya rekomendasi video yang diberikan oleh Youtube. Fitur Incognito ini sudah diuji sejak bulan Mei lalu. Dengan mode Incognito atau “menyamar” ini maka identitas Anda akan tersembunyi.

Hanya saja, mode terbaru ini masih terbatas pada browser Chrome milik Google. Sekarang platform berbagi video ini sedang tahap pengujian untuk aplikasi mobile. Youtube memulai dari aplikasi Android terlebih dahulu.

Seperti pada Chrome, mode Incognito di aplikasi YouTube Android berguna untuk menyamarkan identitas saat berselancar menonton video. Aktivitas pengguna jadi tidak bisa diikuti oleh aneka tracker di YouTube.

Alhasil history pencarian dan tontonan video selagi berada dalam mode Incognito tak direkam oleh aplikasi YouTube. Rekomendasi video pun jadi lebih acak karena tidak ada referensi soal aktivitas pengguna.

Cara mengaktifkan mode incognito YouTube di Android cukup mudah, seperti dilansir oleh Cnet.  Anda hanya cukup mengklik ikon avatar di pojok kanan atas, tab Home, di tampilan aplikasi YouTube.

Langkah selanjutnya akan muncul opsi “Turn on Incognito”, di mana tombol ini menggantikan tombol “Sign Out” yang sebelumnya ada di aplikasi YouTube versi lama. Begitu tombol Turn on Incognito ditekan, YouTube pun akan langsung mengaktifkan mode menyamar. Segala aktivitas Anda menonton Youtube ini pun akan tidak terlacak.

Di pojok kanan atas layar akan ditampilkan ikon Incognito bergambar wajah bertopi dan berkacamata, saat mode tersebut sedang dijalankan. Sementara di bawah layar, ada kolom yang menampilkan tulisan “You’re Incognito”.

Untuk mematikan mode Incognito dan log-in kembali ke akun yang terakhir dipakai, tekan ikon Incognito di pojok kanan atas layar. Saat Anda mematikan mode Incognito atau tidak aktif, aktivitas Anda dalam sesi ini akan dihapus dan Anda akan dikembalikan ke akun yang terakhir dipakai.

Mode Incognito ini sekarang baru tersedia di aplikasi YouTube untuk Android. Tinggal menunggu kapan Youtube akan menghadirkan versi iOS-nya.