03 December 2020 05:53 WIB

Berkat Kunci Pintar, Wall Charging Mobil Listrik Aman Dan Tak Dicuri

Memasang fitur wall charging di rumah bagi pemilik mobil listrik merupakan sebuah keputusan yang bijak. Sistem ini akan mengisi daya mobil dengan lebih cepat sehingga tidak perlu menunggu lama.

Tetapi, pada kondisi tertentu, pemilik rumah mungkin bisa bingung bagaimana mencegah sistem ini dipakai orang lain yang tidak dikenal, ketika mobil listrik seperti Ioniq Electric akan semakin banyak beredar di jalan.

Pastinya bila ada yang menggunakan alat ini tanpa izin secara terus menerus, tagihan listrik bisa membengkak atau daya rumah bisa habis sehingga listrik bisa terputus karena kelebihan daya.

Untuk itu, semua hal tersebut sudah dipikirkan ketika alat ini dibuat. Untuk mencegah hal tersebut, wall charging dari Hyundai pun dilengkapi sebuah kunci pintar.

Kunci tersebut berbentuk kartu yang perlu ditempelkan. Mirip seperti uang elektronik saat hendak masuk tol. Jika mau menggunakan wall charging ini, cukup tempelkan kartu maka pengecasan mobil pun bisa dimulai.

Bila kartu tidak ditempelkan, maka pengecasan tidak akan dimulai. Bahkan ketika perantinya sudah dicolokkan kepada mobil.

Dengan begitu, wall charging merupakan sebuah metode yang aman dari pengisian daya tanpa izin yang dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab.

 

Share