14 August 2020 10:43 WIB

Cara Sederhana Hindari Kaku Dan Retak

Jok kulit merupakan suatu fitur kemewahan sederhana tetapi berdampak besar. Fitur ini biasanya terdapat pada mobil premium seperti Hyundai Santa Fe. Namun, kini sudah marak dijumpai di model-model lain.

Material kulit menawarkan kehalusan dan cita rasa tinggi. Sekaligus menambah prestise dan kenyamanan.

Namun, bila jok kulit tidak dirawat dengan baik, lama kelamaan bisa menjadi kaku dan mengeras bahkan sampai retak apabila sering terkena sinar matahari dan panas.

Tentunya Anda tidak mau mengalami hal tersebut karena menghilangkan kelebihan dari jok kulit.

Padahal, faktanya jok kulit tidak terlalu sulit untuk dirawat. Untuk itu, ada beberapa langkah untuk merawat dan membersihkan jok kulit agar tidak cepat rusak.

1. Vakum Jok

Sebelum memulai perawatan, ada baiknya untuk melakukan vakum terlebih dahulu. Dengan vakum, maka debu dan kotoran keras lainnya akan terangkat, mengurangi kemungkinan jok menjadi baret/terkikis oleh kotoran tersebut. Jika tidak melakukan vakum dan langsung mengelap, maka kotoran yang ada akan tetap disana dan sedikit yang terangkat.

2. Gunakan Cairan Pembersih

Setelah mengvakum jok, langkah berikutnya adalah memberikan cairan pembersih. Ada baiknya untuk menggunakan cairan pembersih khusus bahan kulit ataupun menggunakan "All Purpose Cleaner". Semprot cairan pembersih pilihan Anda lalu sikat dengan kuas halus agar cairan benar benar bekerja.

3. Keringkan

Setelah itu, keringkan jok anda dengan kain microfiber untuk mencegah baret halus. Setelah dikeringkan, jok akan terasa masih basah. Agar benar-benar kering, diamkan jok mengering selama 1 sampai 24 jam.

4. Proteksi Jok

Memproteksi jok merupakan pekerjaan sederhana yang akan memberi hasil luar biasa. Produk pelindung jok kulit tersedia dimanapun dan dijual secara bebas. Aplikasikan dengan kain microfiber dengan merata dan selesai.

5. Keringkan

Setelah memproteksi jok, langkah selanjutnya adalah mengeringkannya dengan kain microfiber baru. Tentunya lapisan proteksi juga memerlukan waktu agar benar-benar kering.

Itulah langkah-langkah untuk merawat jok kulit, langkah-langkah sederhana yang dapat dilakukan yang akan memperpanjang umur jok kulit Anda.

Share