06 November 2020 08:33 WIB

Gangguan Pandangan Mengemudi, Ini 3 Indikator Wiper Wajib Ganti

Memasuki akhir tahun biasanya sangat familiar dengan musim hujan. Apalagi, BMKG menginformasikan bahwa Indonesia akan mengalami fenomena La Nina yang akan memuncak pada bulan November hingga Desember 2020 dimana curah hujan bisa meningkat 20% hingga 40%.

Untuk itu, pastinya Hyundai Lovers harus siap dong dalam menghadapi fenomena siklus 2-7 tahunan tersebut. Salah satu komponen terpenting saat hujan adalah wiper. Apalagi setelah lama tidak digunakan.

Untuk itu, bagaimana sih ciri-ciri wiper yang perlu diganti?

1. Wiper Meninggalkan Bekas 

Jika wiper meninggalkan bekas atau tidak menyapu bersih permukaan kaca, adalah tanda utama. Hal ini bisa terjadi karena karet pada wiper sudah getas, kering, ataupun pecah-pecah yang menyebabkan permukaan penyekaannya tidak maksimal seperti sedia kala.

2. Wiper Menimbulkan Bunyi

Selain itu, bunyi pada saat menyeka kaca juga bisa menandakan wiper yang sudah harus diganti. Bunyi ini ditimbulkan dari karet wiper yang sudah mengeras sehingga sudah tidak lentur lagi. Selain tidak memaksimalkan penyekaan kaca, wiper pada kondisi ini juga bisa menimbulkan baret pada kaca jika dibiarkan terlalu lama. Tentu akan bertambah sulit memperbaikinya. 

3. Wiper Terhambat Bergerak

Terakhir, jika ketika wiper digunakan dan tidak berjalan mulus, ini menandakan bahwa wiper juga perlu diganti karena karetnya seakan-akan terhambat dan lengket di permukaan kaca.

Melalui 3 indikator ini kita disarankan segera melakukan solusi dengan pergantian karet atau berikut seluruh batang wipernya. 

Tetapi jika ingin tetap aman, sebaiknya kita melakukan langkah preventif. Wiper diganti setiap 6 bulan sekali. Hal ini dinilai tepat karet wiper yang setiap hari terpapar sinar matahari, suhu panas, dan suhu dingin akan rusak secara perlahan.

Sehingga, daripada terlambat dan menemui gejala kerusakan wiper tersebut, ada baiknya kalian melakukan penggantian wiper untuk musim penghujan. Tak lupa, selain mengecek dan melakukan penggantian, isi juga tabung air wiper pada mobil agar bisa menyeka kotoran yang menempel di kaca saat diperlukan.

 

Share