10 October 2020 18:37 WIB

Gunakan Sabuk Pengaman Demi Nyawa, Bukan Untuk Menghindari Tilang

Sabuk pengaman (seat belt) merupakan suatu perangkat keselamatan yang sangat vital. Meskipun terdapat beragam fitur keselamatan lainnya pada mobil masa kini, sabuk pengaman tidak bisa kita lupakan. Bahkan, ada beberapa fitur keselamatan yang bekerja hanya dengan sabuk pengaman yang dipasang dengan benar.

Seperti air bag contohnya. Memang air bag sangat membantu ketika terjadi tabrakan dengan mengembang dan membuat permukaan yang empuk bagi tubuh. Tetapi, tanpa sabuk pengaman, maka tubuh akan terpental tanpa kendali dan mungkin meleset dari air bag. Selain itu, tubuh juga tidak akan terjaga di jok dan berpotensi terpental jauh ke depan.

Tentunya sabuk pengaman harus dikenakan dengan benar, manfaatkan teknologi 3 titik  yang ditemukan pada tahun 1959 ini. Jangan menggunakan sabuk pengaman hanya bagian bawahnya saja. Meskipun jauh lebih baik dari tidak menggunakan, sabuk pengaman bagian atas akan sangat membantu menahan tubuh dari lemparan ketika terjadi kecelakaan.

Selain menggunakannya, ternyata ada tata cara lain yang harus diikuti dalam menggunakannya loh. Seperti posisi tempat duduk ketika berkendara. Rupanya, sangat penting untuk duduk dengan posisi sandaran yang cukup tegak ketika berkendara.

Selain itu, posisi kaki juga dinilai lebih aman bila bisa diluruskan dengan nyaman dan menyentuh lantai. Hal ini dinilai penting karena bila terjadi kecelakaan, kekuatan sabuk pengaman bisa saja menyakiti para penumpang yang posisinya tidak benar.

Berbicara tentang air bag, bisa menjadi bahaya bagi anak kecil berusia di bawah 13 tahun. Sangat direkomendasikan untuk duduk di belakang dengan mengenakan sabuk pengaman. Jika harus duduk di depan, sebaiknya memundurkan posisi jok sejauh mungkin agar tidak terlalu dekat dengan air bag.

Bagi anak kecil yang masih menggunakan kursi anak, sangat tidak tepat untuk meletakkannya di jok depan, apalagi bila model tempat duduk anak tersebut menghadap ke belakang. Karena, bila air bag mengembang, akan mengenai anak tersebut dan bisa terjadi cedera fatal.

Itulah tata cara dalam menggunakan sabuk pengaman dengan benar. Ingat ya untuk selalu gunakan ketika berkendara. Bukan untuk menghindari tilang, namun demi keselamatan diri sendiri dan orang yang dicintai.

 

Share