01 December 2020 16:59 WIB

Hyundai I20 Tampil Beda Dengan Velg Rally

Kilas balik sekitar 10 tahun yang lalu. Saat itu, Hyundai baru saja merilis sebuah hatchback perkotaan baru di lini kendaraannya, yaitu Hyundai i20. 

Mobil Hyundai i20 sendiri dikenal memiliki sejarah yang cukup membanggakan karena pernah menjadi mobil balap Hyundai dalam ajang World Rally Championship.

Selain itu, Hyundai i20 merupakan sebuah hatchback yang tampil beda dan memiliki fitur yang lengkap pada zamannya. Faktor-faktor tersebutlah yang mendorong Nara D Baskara untuk meminang Hyundai i20 keluaran tahun 2010.

Pria berdomisili Makassar ini memilih tunggangannya tersebut karena dirasa tidak terlihat umum di jalan sehingga tidak membosankan. Tampilannya juga menarik dan cocok untuk diulik dan dimainkan untuk kepuasan mata dan batin. 

 

 

Unit keluaran tahun 2010 ini nyatanya bandel dan awet digunakan. Untuk urusan servis, tentunya Nara mempercayakannya ke bengkel resmi Hyundai yang mengerti 100% akan mobil ini yang dinilai belum tentu bisa diperbaiki sembarang orang.

Untuk mendongkrak tampilan i20 miliknya, pria berdomisili Makassar ini menggunakan velg rally Compomotive Motorsport TH dengan ukuran 15x5.5 ber PCD 4x100 ET 44 yang dibalut dengan ban 175/65 agar terlihat tebal. Uniknya, velg ini adalah spesifikasi rally salju sehingga bisa dibilang tidak terlalu lebar.

 

 

Selain tampilan, menggunakan velg dan ban berstyle rally juga fungsional. Karena ban yang tebal dan ground clearance yang relatif tinggi, dirinya tidak perlu takut menghajar jalanan yang keras. Bahkan Nara percaya diri untuk melewati lubang di jalan karena bannya yang tebal.

Selain velg ini, rupanya Nara sangat hobi mengoleksi velg bergaya rally. Baginya, velg yang tipis, jenong, dan sedikit populasinya sangat memuaskan karena tidak banyak yang punya. Bahkan cukup sulit untuk didapat karena tidak tersedia di toko-toko velg biasa.

Beberapa velg yang Ia miliki diantaranya adalah Speedline lebar 5.5 snow rally ex salah satu mobil balap rally dan Enkei Compe Rally baut 5 plus ban salju. Bahkan dulu Ia pernah memiliki total 24 set velg rally.

Nara pun sedikit memberikan bocoran akan rencana selanjutnya dimana ada 1 set velg yang sedang dikirim dari luar negeri yang akan dipasang di Hyundai i20 ini. Konon, velg tersebut nantinya akan menjadi satu-satunya di Indonesia.

 

 

Bagi yang mau mengikuti gayanya, Nara memiliki hashtag #rallywheelsenthusiast dan #velglanang pada instagramnya yaitu @narasaja. Tak hanya mempopulerkan velg rally, dirinya juga ingin menyelamatkan velg rally dengan mengedukasi untuk tidak membubut lubang baut pada velg rally yang sudah terbilang langka. Baginya, lebih baik tidak merusak velg tersebut, apalagi strukturalnya akan terpengaruh.

Selain itu, Ia selalu menyarankan para modifikator untuk menabung lebih lama dan membeli velg asli ketimbang replika karena alasan keselamatan. Ditambah, velg asli terutama model langka, memiliki kecenderungan harga yang naik semakin lama sehingga bisa menjadi sebuah investasi.

Terinspirasi untuk bermain di dunia rally look, Hyundai Lovers?

 

Share