23 October 2020 14:43 WIB

Servis Mobil Hyundai Secara Rutin Di Bengkel Resmi Guna Cegah Diesel Runaway

Terkadang ketika berselancar di dunia maya, kita bisa menemukan video yang menunjukkan mobil yang terus mengegas meskipun kunci sudah dicabut dan mengeluarkan banyak asap.

Hal tersebut dinamakan Diesel Runaway. Hal ini terjadi bila ada kerusakan pada unit turbo dari mesin turbo diesel, terutama jalur olinya. Kemudian, turbo berputar dan memasukan oli ke dalam ruang pembakaran dan seakan-akan terus memberikan bahan bakar ke dalam ruang bakar bahkan meskipun kunci telah dicabut.

Hal ini terjadi karena diesel tidak memerlukan pembakaran dengan busi, hanya mengandalkan suhu dan tekanan tinggi untuk menghasilkan pembakaran. Jika hal ini terjadi, maka mesin akan bekerja pada kapasitas maksimal tanpa disentuh dan mengeluarkan asap yang tebal.

Tidak ada cara mudah untuk menghentikan mesin yang mengalami Diesel Runaway. Untuk mobil bertransmisi manual, bisa dengan mengganjal roda, menekan rem sekeras mungkin, memasukkan gigi ke gigi tertinggi, lalu melepas koplingnya secara keras untuk memaksa mesin stall.

Untuk transmisi otomatis, lebih kompleks karena diharuskan menyumbat filter udara pada mesin agar mesin kekurangan udara untuk melakukan pembakaran. Ini pun sangat beresiko karena turbo terus menghisap udara dan mesin dalam kondisi sangat panas.

Anda tentunya tidak menginginkan hal ini terjadi karena mesin bisa dipastikan hancur oleh kejadian tersebut. Mesin dipaksa bekerja keras melebihi batas wajarnya, mengakibatkan komponen dalam mesin bisa rusak seperti meleleh hingga pecah.

Tetapi anda bisa sedikit tenang karena kejadian ini sangatlah langka. Apalagi, bila mobil diesel Hyundai diservis secara rutin di bengkel resmi Hyundai. Karena, bengkel resmi Hyundai selalu memastikan komponen yang ada pada mobil selalu dalam kondisi prima dan sehat.

Untuk penggantian komponen pun, tentunya dipastikan yang sudah melewati standar Hyundai yang tinggi sehingga konsumen tidak perlu khawatir dalam berkendara menggunakan kendaraan Hyundai kesayangannya.

 

Share